Islamic Public Speaking

 

 

Allah SWT berifirman:

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma´ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imron 104).

Berdasarkan ayat tersebut, kita sebagai umat Rasulullah SAW yang mematuhi perintah-Nya, sudah seharusnya kita mampu mengajak orang disekitar kita ke jalan yang lebih baik lagi, yang sesuai dengan syariat Islam. Nah, dalam upaya mengajak kepada yang ma'ruf tersebut atau bisa dibilang dengan dakwah, maka diperlukan suatu keterampilan tersendiri agar mampu menguasai ilmu-ilmu apa saja yang akan disampaikan ke orang lain. 

Untuk menunjang dakwah tersebut serta keterampilan masing-masing individu, divisi PBA (Pembinaan Baca Al-Qur'an) MOSAIC FEB UNAIR, mengadakan suatu kegiatan sebagai wadah bagi teman-teman yang ingin mengolah keterampilan khusus untuk berbicara di depan umum, yakni dengan diselenggarakannya acara "Islamic Public Speaking" yang bertempat di Aula Soepoyo FEB Unair. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 22 Maret 2019 dan dibuka untuk umum. Dihadiri oleh anggota internal MOSAIC sendiri, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta mahasiswa dari fakultas lainnya.

Materi yang dibahas adalah bagaimana cara berbicara didepan umum serta muqoddimah menggunakan bahasa Arab maupun bahasa Inggris dan sholawat. Kegiatan tersebut diisi oleh Muhammad Iman R. selaku Ketua MOSAIC periode 2019. Kita sebagai muslim harus mampu menguasai public speaking dengan baik sebab pendakwah juga harus mempunyai cara untuk menarik perhatian.

Paling tidak saat presentasi didepan kelas kita mampu menarik perhatian dengan public speaking yang baik. "Apa gunanya ilmu kalau tidak memperluas jiwa seseorang sehingga ia berlaku seperti samudera yang menampung sampah-sampah. Apa gunanya kepandaian kalau tidak memperbesar kepribadian seseorang sehingga ia makin sanggup memahami orang lain?"

Hits 28