SEMNAS IE FEB UNAIR(FEB NEWS) Kamis, 14 Maret 2024 - Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) menggelar Seminar Nasional, terbuka untuk umum, bertajuk "Perjanjian Perdagangan Jasa dalam Kerja Sama Ekonomi Indonesia dan Korea Selatan". Acara diadakan dalam rangka memberikan informasi dan pemahaman mengenai perjanjian perdagangan internasional di bidang jasa antara kedua negara.

 

Acara yang dihadiri lebih kurang 100 orang peserta diselenggarakan dari Aula Soepoyo, Gedung ABC Lantai 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dan dibuka oleh Dekan FEB UNAIR – Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi. Ak., CMA., CA. Dalam sambutannya Prof. Dian Agustia, menyampaikan pentingnya kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan. Mengingat keduanya memiliki hubungan ekonomi yang sangat kuat sehingga memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan Kerjasama di berbagai bidang, termasuk juga didalamnya perdagangan di bidang jasa. Strategi kebijakan perdagangan Indonesia, perundingan perdagangan internasional, serta dampak Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) antara kedua negara menjadi fokus pembahasan utama, dalam acara tersebut.

Plt. Direktur Perundingan Perdagangan Jasa, Kementerian Perdagangan, Basaria Tiara Desika L. Gaol, S.E., M.M., memberikan paparan mengenai "Perjanjian Perdagangan Jasa dalam Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Korea", dengan dengan focus pada: Strategi kebijakan perdagangan Indonesia; Perundingan perdagangan internasional; Ik-cepa & gen z. Selanjutnya, Ririh Hidayah Lila Ratna Ningrum, S.Si, M.Ec.Dev, sebagai Negosiator Perdagangan Ahli Madya, membahas tentang perjanjian perdagangan jasa dalam kerja sama ekonomi kedua negara.

Diskusi yang dilanjutkan dalam sesi tanya jawab melibatkan moderator dan peserta seminar, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai praktik perundingan perdagangan internasional, khususnya pada sektor jasa.

Seminar nasional ini diharapkan mampu mengispirasi dan memberikan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa yang ingin berkarir di bidang perdagangan Internasional khususnya perdagangan jasa selain memperdalam pemahaman mengenai kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan.