ekspart feb unairEkis Eksternal Sport and Art Competition adalah program kerja baru dari Divisi Seni dan Olahraga Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam untuk mengenalkan Ekonomi Islam, khususnya kepada siswa/i SMA/SMK/SMA sederajat. Kegiatan ini dibagi terdiri dari 2 cabang perlombaan yang dilaksanakan secara offline yaitu Eksparta Sport Competition yang merupakan kompetisi lomba olahraga yaitu futsal dan Eksparta Art Competition yang merupakan kompetisi lomba seni yaitu band. Kegiatan ini diharapkan mampu mengenalkan Ekonomi Islam kepada masyarakat umum melalui perlombaan dan pertunjukan pada bidang seni dan keolahragaan.

Eksparta Sport Competition yang merupakan turnamen futsal akan dilaksanakan di GOR Pertamina ITS, tepatnya pada tanggal 3, 4, dan 10 Agustus 2024. Sedangkan Eksparta Art Competition yang merupakan kompetisi band akan dilaksanakan di Kopi Sae Margorejo pada tanggal 18 Agustus 2024. Terkait dengan tujuan Pendidikan Berkualitas yang diamanatkan oleh Poin 4 SDGs, program ini bukan hanya sekadar tentang penyediaan sarana dan fasilitas, tetapi juga tentang memberikan kesempatan bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat untuk mengembangkan keterampilan dan potensi mereka di bidang non-akademik.

Eksparta ini berkaitan dengan poin 4 SDG's karena di dalam masing-masing perlombaannya baik dalam kompetisi futsal maupun band ini tidak memandang jenis etnis, ras, dan gender dalam pelaksanaannya. Eksparta hadir sebagai wadah untuk mengasah keterampilan sesuai dengan minat dan bakat para pesertanya yang dikemas dalam bentuk kompetisi dalam bidang non-akademik, khususnya dalam bidang kesenian dan olahraga.