Olimpiade Ekonomi ke-15 oleh HIMA-EP FEB Unair

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 25 September 2018

Olimpiade Ekonomi 15th merupakan salah satu ajang olimpiade ekonomi berskala nasional bagi siswa/siswi SMA se-derajat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan FEB Universitas Airlangga. Ajang olimpiade yang sudah berjalan selama 14 tahun ini bertujuan untuk menguji kompetensi dan pengetahuan dari para siswa sekaligus mengenalkan jurusan Ekonomi Pembangunan dikalangan para siswa.

Di tahun ini, Olimpiade Ekonomi 15th mengusung tema “Digital Economic for Developing Country” . Tema ini terpilih  tidak terlepas dari melihat perkembangan teknologi digital yang sangat pesat dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu sehingga dapat mempengaruhi sistem perekonomian yang ada di Indonesia. Olimpiade Ekonomi 15th ini terdiri dari berbagai rangkaian acara, yaitu :

Babak penyisihan : 16 September 2018 yang bertempat di masing-masing region.

Babak semifinal :

Babak semifinal dari kegiatan Olimpiade Ekonomi 2018 hari Senin tanggal 24 September 2018 pada pukul 07.00 WIB – selesai bertempat di Aula Fadjar Notonegoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Tim yang lolos dalam babak penyisihan region akan mengikuti babak semifinal yang terdiri atas beberapa tahapan sebagai berikut :

-          ECONOMIC MULTIPLE CHOICE

Setiap tim mendapatkan 75 soal multiple choice yang merupakan pengembangan dari soal-soal penyisihan dalam waktu 60 menit.

-          ECONOMIC SCRABBLE

                Setiap tim mendapatkan soal teka-teki silang yang terdiri dari 50 soal untuk dikerjakan selama 60 menit.

-          ECONOMIC SMART

Pada babak ini masing-masing tim akan menjawab 5 buah soal Matematika Ekonomi, Ekonomi Koperasi dan Akuntansi, berupa uraian pada lembar jawaban yang telah disediakan panitia dengan durasi pengerjaan selama 60 menit.

Babak final dan grand final :

Babak Final dan Grandfinal

 

Babak Final dari kegiatan Olimpiade Ekonomi 2018 hari Selasa tanggal 25 September 2018 bertempat pada Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya pada pukul 07.30 WIB – selesai. Tim yang lolos akan menjalani tahapan selanjutnya berupa:

-          RALLY GAMES

Sepuluh tim yang lolos ke babak penyisihan final dikonsep berbentuk Rally Games selama 90 menit, yaitu permainan pos ke pos yang dilakukan di luar ruangan (outdoor) maupun dalam ruangan (indoor) namun masih di lingkup wilayah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Di dalam Rally Games terdapat 5 pos permainan dimana setiap pos akan diisi 2 tim. Setiap tim akan melewati setiap pos dengan tim lawan yang berbeda. Lima tim yang mendapatkan skor tertinggi akan lolos ke babak penyisihan Grand Final.

 

Babak Grandfinal diikuti oleh 5 tim yang telah lolos pada babak final sebelumnya. Terdiri atas beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. CLUE COMPETITION

 

Tahap pertama adalah clue competition. Pada tahap ini, setiap tim akan diberikan beberapa pertanyaan pendek dan harus menebak jawabannya dengan tepat. Akumulasi durasi yang diberikan pada tahap ini adalah 45 menit.

  1. SPEED COMPETITION

 

Tahap selanjutnya dalam babak grand final adalah speed competition yaitu tahapan adu cepat menggunakan alat berupa tombol bel, sehingga lampu yang menyala lebih dahulu berhak menjawab pertanyaan yang diberikan. Durasi total pada tahap ini adalah selama 45 menit.

  1. ECONOMIC CONTENT

Pada tahap ini masing-masing tim yang lolos ke tahap semifinal harus membuat materi mading yang berisikan topik seputar ekonomi digital dan dikumpulkan pada tahap semifinal di Surabaya.

  1. ECONOMIC CONTENT PRESENTATION

Pada tahap terakhir ini masing-masing tim akan mempresentasikan mading yang telah tim buat sebelumnya pada tahap Economic Content kemudian dilakukan tanya jawab oleh dewan juri.

Untuk galeri silahkan kunjungi situs resmi Olimpiade Ekonomi FEB Unair di https://www.oeunair.com/

Hits 62