Visiting Scholar Dr. Marhanum Che Mohd Salleh dari International Islamic University Malaysia

  • By Humas FEB
  • In FEB News
  • Posted 01 Agustus 2018

KunjunganUIIMFEBUA12jul2018

Merupakan suatu kebanggaan atas hadirnya Dr. Marhanum Che Mohd Salleh dari International Islamic University Malaysia, sejak 12 Juli 2018, dalam rangkaian kegiatan ilmiah di FEB Unair. 
Dr. Marhanum merupakan pakar dibidang Asuransi Syariah, dengan adanya kuliah tamu pada 13 Juli 2018 untuk mahasiswa pascasarjana, diharapkan wawasan mahasiswa terhadap asuransi syariah bisa meningkat. Di Malaysia program Asuransi Syariah berkembang sangat pesat, bahkan hasil pembagian benefit asuransi ditata dengan sedemikian rupa, ada yang berupa hibah dan ada juga yang mengikuti hukum waris secara syariah. Dengan adanya sharing knowledge bisa menginspirasi mahasiswa untuk melakukan riset mengenai asuransi syariah.

Rangkaian kegiatan Beliau dilanjutkan dengan Workshop Kurikulum yang dilaksanakan pada 17 Juli 2018. 
Workshop kurikulum ini bertujuan untuk saling memberi masukan terhadap kurikulum matakuliah yang akan datang. Adapun matakuliah yang didiskusikan pada saat itu adalah matakuliah Manajemen Asuransi Islam, Manajemen Bank Syariah dan Manajemen Risiko. Sedangkan Dr Marhanum sendiri juga mempresentasikan matakuliah Principle of Takaful, Islamic Financing Management, dan Bank Management. Dengan adanya sharing ini masing-masing dari kami sama-sama mendapatkan masukan.

Pada tanggal 19 Juli 2018, kegiatan selanjutnya adalah Joint Research. Dimana 
Masing-masing dosen yang ingin joint reseach dengan Dr Marhanum diwajibkan mempresentasikan proposal atau artikel yang akan di joint reseach kan. Dr Marhanum memilih beberapa artikel untuk kemudian dijadikan joint research dan diharapkan bisa publikasi scopus.


NgoPi, Ngobrol Pintar Scopus Jurnal, 27 Juli 2018, merupakan kelanjutan dari rangkaian kunjungan Dr. Marhanum di FEB Unair. Ngobrol pintar ini memberikan gambaran kepada Dosen FEB Unair, serta tips dan trik agar bisa masuk ke dalam jurnal scopus. Setiap jurnal scopus memiliki focus dan scope yang berbeda sehingga setiap penulis perlu mengetahui hal tersebut. Dan ditutup dengan kegiatan terakhir yang tetap berhubungan dengan Jurnal Scopus, yaitu Scopus Camp, 30 Juli 2018. Scopus camp merupakan kelanjutan dari agenda Joint Reseach. Penulis artikel yang telah dipilih oleh Dr Marhanum akan diundang ke scopus camp untuk berdiskusi mengenai kelanjutan joint reseach dan target publikasi

Selama hampir 1 bulan Beliau di kampus FEB Unair, dan semoga semua rangkaian kegiatan ilmiahnya menjadikan manfaat bagi kita semua, dan berkelanjutan. 

Hits 108