mastering kominfo feb ua

Pada era digital, kemampuan dalam media komunikasi dan informasi sangat diperlukan. Percakapan dan penyampaian informasi membutuhkan media khusus dalam penerapannya. Media yang digunakan sebaiknya dapat memvisualisasikan informasi ataupun keterangan yang diberikan dengan jelas. Bentuk yang kerap kali digunakan dalam media tersebut, yakni desain grafis dan videografi. Desain grafis dan videografi menjadi hal yang berperan penting dalam menyajikan informasi karena dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi orang yang melihat.
Pembuatan desain grafis dan videografi tidak terlepas dari soft skill yang mendasarinya. Hal ini tentu berkaitan pula dengan mahasiswa yang terlibat dalam era digital. Soft skill perlu dilatih dan diasah lebih lagi agar mahasiswa semakin cakap dalam menghasilkan desain grafis dan videografi. Oleh karena itu, HIMA Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga menyelenggarakan Mastering Kominfo 2025 untuk internal Biro Komunikasi dan Informasi HIMA Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga. Dengan adanya Mastering Kominfo 2025, internal Biro Komunikasi dan Informasi diharapkan dapat belajar dan mengasah soft skill, serta memanfaatkan wadah yang telah disediakan dengan sebaik-baiknya agar ketika terjun di lingkungan masyarakat mereka sudah siap baik hard skill maupun soft skill.
Lebih dari sekadar pelatihan teknis, kegiatan ini juga berkontribusi langsung terhadap capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) karena menyediakan ruang pembelajaran non-formal yang mendukung peningkatan kompetensi abad 21. Selain itu, pelatihan ini turut mendukung SDG 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) melalui penguatan kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja kreatif berbasis digital. Dari sisi inovasi, kegiatan ini sejalan dengan SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur) dengan mendorong pemanfaatan teknologi informasi secara kreatif dan produktif. Jika dikembangkan melalui kolaborasi lebih luas, program ini juga dapat memperkuat SDG 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan) dengan membangun jejaring dan kolaborasi strategis antar pemangku kepentingan.