MENJALANKAN bisnis tidak semata untuk dapat keuntungan tapi juga untuk aksi sosial seperti mendayagunakan masyarakat seperti halnya yang telah di jalankan oleh Selia Dwi Ratna Rahmawati mahasiswi Manajemen Universitas Airlangga 2015 yang baru-baru ini ditunjuk sebagai mentor di School of Business ormawa WEBS. Pada mulanya, ia memperhatikan konsumen ibunya yang meminta pelayanan sepaket baju sekalian make up. Dari situ! ah, ia mulai tertarik dan menambah skill make up yang telah menjadi hobbinya. Awalnya,ia merias calon wisudawan dan mendapatkan feedback positif. Lalu ia mengawali karier bisnisnya di tahun 2015. "Make up is art, beauty is spirit." Slogan tersebut sudah
menjadi prinsip dalam menjalankan bisnis nya sebagai free lancer make up artist la juga telah mewujudkan cita -citanya yaitu untuk merias seorang bule yaitu mahasiswi exchange di UNAIR yang berasal dari Jerman. Omset dari jasa make up ini tidak menentu dan cenderung musiman seperti musim kartinian, wisuda, pernikahan, dan untuk photo shoot. Jika waktu kartinian dapat menghasilkan omset sampai 4 juta dalam sehari. Untuk menjalankan jasa make up, kerugiannya kurang terlihat karena peralatan make up bukan barang sekali pakai dan dapat digunakan untuk berkali-kali. Selain menyediakan jasa make up, ia juga menyewakan juga menjual kebaya dan baju baju adat. la mendesain sendiri kebaya dengan desain yang sedang trend dan menjahitkannya pada penjahit di daerahnya yaitu Tuban. Omset dari persewaan kebaya dan baju adat ini mencapai 5 juta/bulan.
"Dapat menjadi MUA yang profesional, dikenal oleh semua kalangan, dan memberikan novasi-inovasi baru dalam desain kebayanya" adalah harapannya ke depan. la juga berprinsip,"Bisnis akan terasa mudah jika sesuai passion meskipun kadang rugi, itu semua tidak terasa."
Dalam pemasaran produknya sendiri, ia menggunakan media instagram dengan akun @byseliadwiratna untuk jasa make up dan @kebayaa.id untuk penyewaan kebaya. Dan juga ia membuka butik yang berada di daerah Tuban.
-Oleh : Selia Dwi Raina R.-
Sumber: B-Magz FEB UA vol-1