Title: Pengaruh Regulatory Focus, Temporal Distance Dan Orientasi Strategis Perusahaan Terhadap Keputtisan Pe,Rusaiiaan Pa}A Strategi Inovasi Dan Imitasi Dan Konsekuensi Pada Kinerja Perusahaan
Authors: Dini Ayuandari
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi strategis jika dikaitkan dengan temporal distance dan regulatory focus dalam pemilihan strategi inovasi, imitasi, dan ambidextrous serta konsekuensinya atas kinerja perusahaan pada masa yang akan datang. Untuk mengujinya peneliti menggunakan eksperimen dua studi dengan membedakan variabel bebas masing-masing studi. Studi pertama menggunakan eksperimen terhadap perbedaan temporal distance dan orientasi strategis. Sedangkan studi kedua menggunakan regulatory focus dan orientasi strategis sebagai variabel bebas. Eksperimen kedua studi dilakukan dengan metode between subject pada 240 mahasiswa MM Universitas Airlangga dan Universitas Gajah Mada sebagai partisipan. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa dampak utama dari temporal distance dan orientasi strategis dapat membedakan strategi imitasi dan inovasi perusahaan. Namun, interaksi antara temporal distance dan orientasi strategis tidak membuat perbedaan secara signifikan startegi inovasi dan imitasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa regulatory focus juga tidak dapat membedakan pemilihan strategi inovasi dan imitasi, begitu juga dengan interaksinya dengan strategic orientation tidak memiliki perbedaan pemilihan strategi yang signifikan. Hal ini terjadi kemungkinkan besar karena lingkungan industri smartphone yang sangat dinamis. Prediksi kinerja perusahaan berbeda pada masingmasing studi, pada studi 1 kinerja perusahaan dinilai lebih baik baik ketika menggunakan strategi inovasi. Sedangankan pada studi kedua ambidextrous dinilai memiliki kinerja perusahaan yang lebih baik.
Keywords: temporal distance, strategic orientation, regulatory focus, imitation, innovation, ambidextrous, and firm performances
Sources: http://repository.unair.ac.id/33615/