Title: Peran Protagonis Dan Antagonis Dalam Pelaksanaan Corporate Social Responsibility

Authors: Doddy Affandy

Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

Abstract

Dalam kegiatan bisnis perusahaan perkembangan tanggung jawab sosial perusahaan semakin besar dan ditambah adanya peraturan pemerintah yang mewajibkan tentang melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Perusahaan yang menjadi wajib adalah yang dibidang atau berkaitan dengan sumber daya alam sehingga akan memunculkan suatu pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan secara terpakasa dan terbebani. Hal ini berhubungan dengan budaya perusahaan dimana bagaimana perusahaan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul pada stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan pelaksanaan CSR perusahaan seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan dan dengan adanya kewajiban CSR pada peraturan pemerintah sehingga pemahaman ini akan membentuk program CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan paradigma interpretif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara langsung kepada informan yaitu Direktur, Manajer dan penerima kegiatan CSR perusahaan. Sejak awal berdiri perusahaan telah menerapkan tanggung jawab sosial kepada karyawan hal ini dipengaruhi oleh budaya dan kebijakan nilai yang ada di dalam perusahaan. Tanggung jawab perusahaan juga terhadap lingkungan dengan memberikan kegiatan CSR kepada meraka. Semakin berkembang dengan adanya penambahan pabrik baru menimbulkan suatu masalah sosial sehingga perusahaan memberikan kegiatan CSR yang lebih komprehensif.

Keywords: Corporate Social Responsibility, Undang – Undang PT No. 40 Tahun 2007 pasal 74, Budaya Perusahaan

Sources: http://repository.unair.ac.id/97197/