grand explore feb unairExplore 2024 merupakan program kerja besar divisi Research and Development (RnD) Koperasi Mahasiswa FEB Universitas Airlangga. Tahun ini kami menyelenggarakan acara explore dengan mengangkat tema "Workshop Green Preneurship in Action: Case Studies of Successful Sustainable Businesses". Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong inovasi bisnis ramah lingkungan di kalangan mahasiswa/i di Indonesia khususnya mahasiswa/i fakultas ekonomi dan bisnis. Greenpreneurship memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), contohnya SDG 4 (pendidikan berkualitas) untuk mengedukasi pentingnya bisnis berkelanjutan, SDG 8 (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi) untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di sektor ekonomi hijau, SDG 9 (Industri, Inovasi, dan infrastruktur) mendorong inovasi teknologi dan produk ramah lingkungan, serta SDG 12 konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab yang akhirnya akan mengembangkan solusi masalah lingkungan dan memerangi perubahan lingkungan SDG 13.

Kegiatan Explore terdiri dari dua kategori kegiatan yaitu Workshop yang diadakan luring dan Business Model Canvas (BMC) yang akan diadakan secara daring. Sub kegiatan Workshop akan dilaksanakan terlebih dahulu. Kegiatan workshop, yaitu dialog dua arah berupa penyampaian materi oleh pembicara, sesi tanya jawab, dan dilanjutkan dengan sesi latihan pembuatan rancangan bisnis model canvas sederhana oleh peserta yang nantinya akan dipresentasikan 2-3 kelompok dan dinilai oleh narasumber. Sedangkan sub kegiatan Business Model Canvas (BMC) akan diadakan satu minggu setelah kegiatan workshop, harapannya akan diikuti oleh peserta workshop sebagai lanjutan atau output mengikuti pelatihan di acara workshop sebelumnya.

Dengan mengikuti kegiatan ini peserta akan memahami konsep greenpreneurship dan pentingnya dalam membangun bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan serta mempelajari strategi dan model bisnis hijau yang sukses. Peserta juga akan mendapat keterampilan dalam membangun dan mengelola bisnis hijau serta menganalisis pasar dan peluang. Explore 2024 merupakan program yang penting bagi KOPMEB untuk menunjukkan komitmennya dalam mendukung pencapaian SDGs. Dengan memberikan pelatihan, pendampingan, dan akses ke sumber daya kepada UMKM, KOPMEB dapat membantu mereka untuk memulai dan mengembangkan bisnis hijau yang sukses dan berkelanjutan. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi pada pencapaian SDGs dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia.

Explore 2024, bersama kita ciptakan masa depan yang lebih hijau dan lestari!