ustec feb unairEvent tahunan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Manajemen Expo kembali digelar. Universitas Airlangga Stock Exchange Competition (UASTEC) menjadi salah satu sub acara yang akan dilaksanakan dalam rangkaian acara tersebut. UASTEC merupakan kompetisi saham dan pasar modal yang dapat diikuti oleh pelajar SMA/K dan sederajat di seluruh Indonesia. Tahun ini UASTEC mengusung tema besar yakni "Building a Sustainable Investing Mindset: Encourages Responsible and Long-Term Investment Strategies" sebagai upaya untuk menggerakkan minat investasi generasi muda di Indonesia dalam rangka mendukung keberlanjutan ekonomi nasional.

UASTEC 2024 berkaitan dengan SDGs nomor 4 (Quality Education) tercermin dalam tujuan UASTEC 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelajar mengenai investasi dan pasar modal. Kompetisi ini menyediakan edukasi yang berkualitas dan relevan, yang akan membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan praktis yang berguna untuk masa depan mereka. SDGs nomor 8 (Decent Work and Economic Growth) berkaitan dengan dorongan untuk menggerakkan minat investasi generasi muda. Dengan pengetahuan dan pengalaman investasi yang diperoleh dari UASTEC, para pelajar akan lebih siap untuk berpartisipasi dalam ekonomi yang berkelanjutan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. SDGs nomor 9 (Industry, Innovation, and Infrastructure) relevan dalam konteks UASTEC karena kompetisi ini mendorong inovasi dalam strategi investasi dan memberikan wawasan tentang infrastruktur pasar modal. Ini mengajarkan pentingnya inovasi dan pengembangan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan industri keuangan. Dan juga SDGs nomor 17 (Partnerships for the Goals) tercermin dalam kolaborasi antara Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, dan berbagai pihak lainnya untuk menyelenggarakan UASTEC. Kerjasama ini penting untuk mencapai tujuan bersama dalam mendukung investasi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Data terbaru menunjukkan bahwa 12,5 juta dari total 273,8 juta penduduk Indonesia merupakan investor. Meskipun dirasa angka yang tinggi, nyatanya presentase investor di Indonesia baru 4,56% dari total penduduknya. Juga masih kalah dengan negara-negara tetangga seperti Singapura (17,8%) dan Malaysia (9,3%). Maka dari itu, HIMA S1 Manajemen akan mengadakan UASTEC 2024 yang merupakan simulasi investasi saham di pasar modal bagi siswa SMA/SMK Sederajat. Kompetisi ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai investasi dan menjadi wadah dalam memberikan pengalaman jual-beli saham secara langsung bagi para pelajar.