dialektikaDialog Ekonomi Bakti Akademika (Dialektika) Eksternal merupakan acara tahunan yang dilaksanakan sebanyak dua kali oleh himpunan mahasiswa ekonomi Islam Universitas Airlangga. Acara ini memiliki tujuan sebagai forum diskusi dalam rangka membahas isu-isu kontemporer ekonomi Islam untuk menumbuhkan, mengadaptasikan, dan mensosialisasikan ekonomi Islam lebih luas. Pada tahun 2024, tema yang akan diangkat pada acara Dialog Ekonomi Bakti Akademika (Dialektika) Eksternal yang pertama kali ini adalah:

“Ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi dan manfaatnya untuk generasi muda”.

Acara ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting tanpa adanya tarif yang dikenakan, dan akan diadakan pada tanggal 11 Mei 202 dari jam 09.00 sampai 11.00 WIB. Adapun narasumber pada webinar kali ini adalah pembicara dari pihak eksternal yang berkaitan dengan tema yang diajukan, yakni KNEKS.

Acara ini berkaitan dengan SDGs nomor 8, 9, 17, Dimana relevansi SDGs no 8 yakni Decent Work and Economic Growth tercerminkan oleh tujuan akhir dari program Dialektika, yakni mendorong ketercapaian program ketahanan ekonomi nasional, melalui media edukasi yang menumbuhkan semangat juang generasi muda dalam mengembangkan potensi ekonomi syariah di Indonesia. Selanjutnya relevansi SDGs no 9 yakni Industry, Innovation, and infrastructure, tergambarkan dalam inti acara Dialektika yang nantinya akan memberikan anjuran kepada peserta supaya lebih bijak dalam membelanjakan hartanya, dengan mengarahkannya ke ranah Perusahaan syariah, sehingga industry halal dan syariah nantinya akan makin berkembang. Sedangkan relevansi SDGs no 17 yakni Partnership for the goals, terdapat pada harapan besar acara Dialektika yakni mengajak seluruh pejuang ekonomi islam untuk membentuk kemitraan dan Kerjasama kollektif demi menggapai hasil positif yang lebih besar, bila dibandingkan dengan bekerja secara mandiri.

Oleh karena itu, kami berinisiasi untuk mengundang pembicara dari pihak KNEKS, mengingat akan peranan sentralnya sebagai Lembaga pemerintah yang memegang fungsi utama dalam pengembangan ekonomi dan keuangan nasional. Sehingga nantinya world view yang disajikan dapat lebih komprehensif dan relevan dengan situasi perkembangan perekonomian Indonesia dan dunia.

Dengan diadakannya kegiatan Dialektika ini, diharapkan seluruh peserta dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam terkait seluk-beluk ekonomi islam, serta dapat mengimplementasikan berbagai nilai-nilai penting didalamnya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kedepannya akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah, demi ketercapaian program ketahanan ekonomi nasional.