tdex feb unairTED (Technology, Entertainment, and Design) adalah organisasi nirlaba yang berpusat di New York, Amerika Serikat, dengan tujuan menyebarluaskan ide-ide inovatif ke seluruh dunia. Untuk mencapai tujuan ini, TED membentuk TEDx, cabang lokal yang membawa semangat "ideas worth spreading" ke berbagai komunitas. TEDx mengadakan konferensi yang menampilkan pembicara terkurasi yang berbagi ide-ide inspiratif yang dapat mengubah kehidupan dan masa depan banyak orang.
TEDxUniversitasAirlangga merupakan salah satu acara di Universitas Airlangga yang bertujuan menjadi wadah bagi ide-ide kreatif dan inovatif untuk seluruh civitas akademika. Acara ini diadakan baik secara offline maupun online, mencakup rangkaian kegiatan pre-event dan main event, yang dirancang untuk menginspirasi dan mendorong perubahan positif.

Dengan fokus pada SDG 4 (Pendidikan Berkualitas), TEDxUniversitasAirlangga 2024 berkomitmen untuk mendukung pendidikan inklusif dan berkualitas. Acara ini berupaya untuk memperluas akses terhadap pengetahuan dan ide-ide inovatif, mendorong pembelajaran sepanjang hayat, dan menginspirasi civitas akademika untuk berkontribusi pada perbaikan sistem pendidikan, baik di tingkat lokal maupun global.