sobem feb unairMemasuki dunia perkuliahan merupakan babak baru dalam perjalanan pendidikan seseorang. Generasi muda yang semula dikenal sebagai siswa bertransformasi menjadi mahasiswa sebagai awal mula tanda dimulainya dunia perkuliahan bagi mereka. Begitu besarnya impian dan cita-cita yang didukung dengan potensi, minat, dan bakat yang mereka miliki, terkadang menimbulkan keraguan dalam menentukan arah masa depan. Mahasiswa seringkali dihadapkan pada dilema untuk memilih fokus pada akademik, organisasi, atau berusaha menyeimbangkan keduanya. Ditambah lagi, mahasiswa yang masih awam dengan sebuah organisasi, terkadang merasa ragu untuk bergabung dan takut akan berbagai hal yang belum diketahui.
Beranjak dari permasalahan tersebut, Biro Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa BEM FEB UNAIR mengadakan sebuah agenda atau program kerja “SOBEM” untuk memfasilitasi mahasiswa baru angkatan tahun 2024 untuk magang di BEM FEB UNAIR selama tiga bulan. Program ini ditujukan bagi mahasiswa baru untuk belajar berorganisasi dan mengenal lebih dalam struktur dari setiap biro dan departemen yang ada di BEM FEB UNAIR serta memberikan mereka kesempatan untuk terjun secara langsung dan berkontribusi dalam setiap program kerja agar mereka dapat berkembang dan berproses menjadi individu yang siap menghadapi berbagai tantangan dan memiliki jiwa kepemimpinan. Melalui program kerja ini, mahasiswa baru angkatan tahun 2024 diharapkan untuk siap berkontribusi dan siap menjadi pemimpin melalui BEM FEB UNAIR di tahun 2025.
Adanya program kerja Sobat BEM (SOBEM) ini juga turut berkontribusi dalam mewujudkan SDGs ke-4, yaitu pendidikan berkualitas dengan menyediakan akses pendidikan berkualitas bagi mahasiswa baru dan mendorong kesetaraan dan inklusivitas dalam pendidikan. Melalui program SOBEM, mahasiswa baru akan dilatih untuk berinteraksi secara langsung dengan berbagai pihak, seperti mahasiswa FEB UNAIR lainnya, civitas akademika, dan masyarakat luas. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan public speaking dan soft skills mereka. Selain itu, program ini juga akan membekali mahasiswa dengan kemampuan manajemen waktu dan problem solving yang efektif untuk menyelesaikan tugas dan menghadapi berbagai kendala dalam pekerjaan mereka. Dengan demikian, SOBEM diharapkan dapat melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang berkualitas dan berkarakter untuk FEB UNAIR dan masyarakat luas.