febcm feb unairPersonal Branding and Career Mentoring (PBCM) merupakan salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh divisi PSDM Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga periode 2024, yaitu rangkaian acara dengan tema “Build Up Self-Branding and Career Development Through IISMA Program” yang berisikan 2 kegiatan yang diselenggarakan secara offline dalam kurun waktu 3 hari.
Program kerja ini diselenggarakan dengan tujuan mewadahi mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga untuk yang memiliki ketertarikan dengan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). PBCM akan dilaksanakan dengan 2 agenda yaitu Seminar, Talkshow, dan Mentoring yang akan membahas topik terkait program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Agenda kedua yaitu talkshow yang mengangkat topik terkait Adaptabilitas dan Time Management serta mentoring dengan topik Essay Practice.

Agenda pertama yaitu seminar yang dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2024 di Aula Soepoyo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Kegiatan ini berisi pemaparan materi yang dibawakan oleh 2 pemateri eksternal dan internal yang akan membahas tentang program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan telah berpengalaman di bidangnya. Sub topik yang akan dibahas pada seminar ini berkaitan dengan tata cara mengikuti program IISMA, timeline IISMA, hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mendaftar IISMA dan info-info lain seputar program IISMA.
Pada agenda kedua yaitu talkshow yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2024 di Ruang Kelas 2.04 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi dengan topik Adaptabilitas dan Time Management, selain itu juga membahas bagaimana cara beradaptasi pada lingkungan baru, hal apa saja yang harus diperhatikan ketika berada di lingkungan baru, cara mengatur waktu, dan cara bijak dalam menentukan prioritas.

Selanjutnya pada agenda terakhir yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2024 di Ruang Kelas 2.04 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.kegiatan ini di isi dengan pembinaan pelatihan Essay Practice yang dimana Essay menjadi salah satu syarat untuk mendaftar program IISMA nantinya mahasiswa akan diajarkan dan dilatih untuk membuat Essay yang gagasan ide maupun analisisnya terstruktur, sistematis, terorganisir dan sesuai dengan ketentuan IISMA.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait personal branding yang baik serta informasi terkait pengalaman belajar di luar negeri sebagai persiapan untuk memasuki dunia karir. Acara ini mendukung SDGs nomor (4) yaitu Pendidikan berkualitas. Kegiatan ini menggarisbawahi pentingnya mutu pendidikan yang harus bersifat inklusif, relevan, dan memberikan keterampilan yang dibutuhkan untuk kehidupan produktif.