Si Alang Mobile Apps FEB UNAIR(FEB UNAIR) Lima mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) sukses mendapatkan pendanaan untuk Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K). Mereka adalah M. Assadam Rizqi Saputra dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), bersama dengan rekan timnya, Aulia Widi Mangesti dari Fakultas Psikologi (FPsi), Shinta Puteri Permadani dan Amalia Nur Rahma dari FEB, serta Rizki Ferdiansyah dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Penurunan minat anak-anak Indonesia terhadap keragaman budaya akibat globalisasi menjadi dasar munculnya gagasan ini. Ditambah dengan kasus adiksi gadget pada anak-anak yang tak berkesudahan sehingga menurunkan produktivitas, termasuk elastisitas motorik kasar dan kemampuan daya gerak anak. Berangkat dari kesadaran dan kekhawatiran inilah si Alang hadir. Si Alang merupakan inovasi berupa board game petualangan harta karun yang diberi nama Si Alang Mobile Apps sebagai pendukung dari ide board game yang digagas sebelumnya. Si Alang merupakan permainan yang berfungsi untuk mengembangkan multiple intelligences dan pada anak usia 5-11 tahun.

Produk Si Alang mengintegrasikan 9 multiple intelligences yang terdiri dari musical, logical mathematical, spatial, kinesthetic, linguistic, interpersonal, intrapersonal, naturalist, dan existential dengan pendekatan budaya Indonesia. Alasan kuat mengusung pendekatan 9 multiple intelligences adalah untuk memberikan media pembelajaran yang edukatif, asik dan interaktif pada anak. Karena di usia perkembangan 5-11 tahun media pembelajaran paling cocok untuk anak adalah bermain, oleh karenanya menciptakan produk permainan yang menstimulasi 9 multiple intelligences menjadi peluang bagi si Alang. Board game si Alang divisualisasikan dengan petualangan harta karun dimulai dari Pulau Sumatera dan berakhir di Pulau Papua sebagai tempat harta karun. Produk ini terintegrasi dengan Alang Mobile Apps yang didesain dengan tampilan yang user-friendly sehingga mampu membuat pengalaman bermain lebih edukatif, interaktif, atraktif dan berkesan.

Hadirnya si Alang sangat tepat untuk mendukung aksi konkrit SDGs poin keempat yaitu Quality Education. Anak-anak bisa memaksimalkan tugas perkembangannya dengan media belajar yang edukatif, interaktif dan juga asyik karena semua dimensi multiple intelligences telah difasilitasi oleh si Alang. Selain dari desain yang eye-cathcing, si Alang akan berkolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya sekolah untuk membantu mempromosikan sehingga tercipta brand awareness produk si Alang dan mengusung generasi yang berbudaya dan menyambut Indonesia Emas 2045.