WORKSHOP KURIKULUM OBE FEBUA IAIAFEBI(FEB NEWS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) telah sukses menjadi tuan rumah Workshop Implementasi Kurikulum OBE - Permendikbud 53 Tahun 2023. Acara ini, yang diadakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) bekerja sama dengan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI), berlangsung selama dua hari pada 27-28 Agustus 2024 di Aula Fadjar Notonagoro, FEB UNAIR.

Tujuan diselenggarakannya Workshop Implementasi Kurikulum OBE - Permendikbud 53 Tahun 2023, adalah untuk memfasilitasi para pendidik dan akademisi dalam memahami dan mengimplementasikan kurikulum berbasis capaian pembelajaran (Outcome-Based Education/OBE) sesuai dengan regulasi terbaru dari Permendikbud No. 53 Tahun 2023. Selain itu, workshop ini ditujukan untuk memperkuat kualitas pendidikan tinggi, khususnya dalam bidang akuntansi, dengan menekankan pada relevansi dan kesiapan lulusan menghadapi tantangan di dunia profesional.

Acara dibuka dengan opening speech oleh Ketua Dewan Pengurus Nasional AFEBI, Prof. Dr. Abd. Rahman Kadir, SE., MSi., CIPM., CWM., CRA., CRP., yang kemudian dilanjutkan dengan keynote speech dari Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI, Dr. Ardan Adiperdana, Ak., MBA., CFrA., CA., FCMA., CGMA. Materi pertama yang disampaikan pada workshop ini membahas implementasi Permendikbud 53, yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA., Ketua IAI KAPd, dengan Reskino, SE., Ak., M.Si., Ph.D., CA., CMA., CBA., CDMS. sebagai moderator.

Pada sesi berikutnya, materi tentang International Education Standards (IES) disampaikan oleh Prof. Dr. Lindawati Gani, SE., MBA., MM., Ak., CA., FCMA., CGMA., FCPA (Aust.), ASEAN CPA. Materi ketiga yang membahas Kurikulum Berbasis OBE dipresentasikan oleh BM Purwanto, MBA., Ph.D. dari FEB Universitas Gadjah Mada, dengan Dr. Wisnu Wibowo - Wadek I FEB UNAIR, sebagai moderator.

Pada hari kedua, Worshop tentang Integrasi OBE ke dalam Ranting Bidang Ilmu, dan dilanjutkan dengan Rubrik Pengukuran, dan Intervensi, yang juga disampaikan oleh BM Purwanto. Melalui workshop ini, diharapkan perguruan tinggi, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dapat lebih siap dalam mengimplementasikan kurikulum yang adaptif, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan masa depan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan mencetak lulusan yang kompeten serta siap menghadapi tantangan global.