PENYERAHAN ENTREPRENEURSHIP CENTER DR BI KE FEB UNAIR(FEB NEWS) Kamis, 8 Agustus 2024 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) dengan penuh kebanggaan menyelenggarakan Tasyakuran Dies Natalis ke-63 di Aula Fadjar Notonagoro, Lantai 2, FEB UNAIR. Acara ini tidak hanya menjadi momen refleksi atas perjalanan panjang fakultas, tetapi juga sebagai tonggak penting dalam pengembangan kewirausahaan di lingkungan akademik, ditandai dengan penyerahan simbolis "Entrepreneurship Center" dari Bank Indonesia.

Hadir memberikan sambutan Rektor Universitas Airlangga – Prof. Dr. Mohammad Nasih, S.E., M.T., Ak., Wakil Rektor II UNAIR - Prof. Dr. Muhammad Madyan, S.E., M.Si., M.Fin. Dalam Sambutannya Prof. Madyan, meyakini bahwa dengan semangat kebersamaan dan kerja keras FEB UNAIR akan mampu mencapai Visi dan Misinya, “mari kita jadikan dies natalis ini sebagai momentum untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan seluruh civitas academica.”
Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Airlangga, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa FEB UNAIR memiliki peran strategis dalam mengatasi dua tantangan utama dalam dunia pendidikan, yaitu aksesibilitas dan relevansi. Beliau berharap bahwa dengan kontribusi FEB UNAIR, angka partisipasi pendidikan dapat meningkat, mengingat mahasiswa FEB UNAIR menyumbang 25% dari total mahasiswa UNAIR. Lebih lanjut, relevansi pendidikan yang ditawarkan FEB UNAIR diharapkan mampu menekan tingkat pengangguran usia muda melalui peningkatan employability para lulusannya.
Menurut Prof. Nasih, kedepan Universitas akan didorong menjadi Knowledge Based Entrepreneur Universitydan diharapkan FEB UNAIR mampu menjadi tulang punggung mengantarkan UNAIR menuju predikat Knowledge-Based Entrepreneur University, serta membawa UNAIR menuju kemajuan dan kejayaan yang lebih hebat.
Dekan FEB UNAIR – Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA menegaskan komitmen FEB UNAIR untuk tidak hanya mencetak lulusan yang cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia, sesuai dengan moto Universitas Airlangga, "excellence with morality," yang diwujudkan dalam karakter UNAIR HEBAT. Mengutip Nelson Mandela, beliau menekankan pentingnya pendidikan sebagai senjata paling ampuh untuk mengubah dunia, dan mendorong semua pihak untuk terus berinovasi demi kemajuan bangsa. Dekan juga melihat momen Dies Natalis sebagai waktu yang tepat untuk memperkuat sinergi dengan semangat kebersamaan dan cinta kasih, yang diharapkan dapat membawa FEB UNAIR menuju pencapaian yang lebih gemilang. Dengan semangat ini, beliau mengajak semua pihak untuk bekerja sama dan menjadikan FEB UNAIR sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga menjadi rumah kedua yang penuh cinta dan kepedulian.

Dalam acara tersebut juga dilakukan seremoni penyerahan "Entrepreneurship Center" secara simbolis yang dilakukan oleh Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Bapak M. Noor Nugroho, kepada Dekan FEB UNAIR – Prof. Dr. Dian Agustia, SE., MSi., Ak., CMA., CA. Pusat Kewirausahaan ini akan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengasah dan mengembangkan ide-ide kreatif serta inovatif yang diharapkan dapat menghasilkan usaha dan karya yang unik dengan nilai ekonomi tinggi. Selain itu, Entrepreneurship Center juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi FEB UNAIR untuk berkontribusi dalam menumbuh-kembangkan ekosistem kewirausahaan, baik di kalangan mahasiswa maupun masyarakat, melalui berbagai aktivitas seperti pelatihan, pemagangan, konsultasi, dan pendampingan di bidang koperasi dan UMKM.

Tidak hanya itu, acara Dies Natalis ini juga dimeriahkan dengan persembahan spesial dari PKRI yang bekerja sama dengan Departemen EKRAF melalui acara FEB Market. Bazar ini menampilkan beragam karya dan produk inovatif mahasiswa FEB, mulai dari fashion, kerajinan tangan, hingga makanan dan minuman. FEB Market menjadi platform untuk menunjukkan kreativitas dan keterampilan wirausaha mahasiswa, sekaligus sarana promosi produk-produk unik yang mereka hasilkan.
Keseruan acara Dies Natalis semakin memuncak dengan adanya berbagai hiburan dan kejutan menarik. Para peserta disuguhi penampilan energik dari Coffeemix Dance yang menghidupkan suasana, diikuti dengan pengundian door prize yang ditunggu-tunggu. Acara semakin istimewa dengan pengumuman hadiah utama berupa paket Umroh, yang didapatkan oleh 2 orang Tendik FEB UNAIR: Merina Mirzatriana, SE. dan Rudi Premana yang memenuhi syarat belum pernah berangkat Umroh maupun Haji. Tidak ketinggalan, pengumuman pemenang Fun Game yang menambah keceriaan dan kebersamaan di antara seluruh hadirin, menjadikan Dies Natalis kali ini tak terlupakan.