(WORKSHOPSERIES1 HIMAPDIA FEB UNAIR1FEB NEWS) Acara pelatihan NVIVO yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Akuntansi (HIMAPDIA) Universitas Airlangga adalah sebuah inisiatif untuk meningkatkan kapasitas akademik dan penelitian mahasiswa serta staf pengajar dalam analisis data kualitatif. NVIVO adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu peneliti dalam mengorganisir, menganalisis, dan menemukan wawasan dari data non-numerik seperti wawancara, artikel, media sosial, dan banyak lagi. Peserta diajarkan cara mengimpor, mengorganisir, dan menganalisis data kualitatif secara efektif menggunakan berbagai fitur NVIVO. Pelatihan ini akan mencakup sesi praktis yang memungkinkan peserta untuk mengaplikasikan teori yang dipelajari pada proyek penelitian mereka sendiri.

 

Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2024 yang bertempat di Aula KRMT. Tirtodiningrat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. Kegiatan workshop ini dilakukan secara hybrid dengan peserta yang berasal dari 21 perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Peserta yang mengikuti Workshop NVIVO ini mencapai lebih dari 100 orang yang hadir secara offline sejumlah 53 orang dan secara online sejumlah 58 orang. Materi dan workshop NVIVO ini dibawakan oleh Dr. A.A Gde Satia Utama, SE., M.Ak., CA yang juga merupakan dosen di FEB Universitas Airlangga serta aktif sebagai peneliti senior di Peneleh Research Institute.
 
Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan skill sumber daya manusia, tetapi juga memiliki relevansi kuat dengan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4 (Pendidikan Berkualitas). Dengan meningkatkan keterampilan analisis data kualitatif, pelatihan ini membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Mahasiswa dan staf pengajar dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam dan berkualitas, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pendidikan yang ditawarkan.

Oleh karena itu, kegiatan workshop ini tidak hanya bermanfaat bagi peserta namun kegiatan ini juga turut serta berperan dalam mendukung upaya kolektif untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. 

#workshopnvivo
#himapdia
#pendidikanberkualitas
#sinergidenganhati
#banggafeb
#smartfaculty
#smartuniversity
#excellencewithmoralityuntukindonesia