UNAIR JUARA TIGA BIDANG RISET INVESTASI(FEB NEWS) Universitas Airlangga yang beranggotakan Fauzan Ghaly Mulyanto (Ekonomi Pembangunan), I Kadek Yudy Prasetia (Akuntansi), dan Vania Eka Rachmadani (Akuntansi) bernama kelompok Amerta Venture berhasil meraih peringkat Terbaik Nasional III Bidang Riset Investasi dalam ajang Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) yang diselenggarakan pada tanggal 24 hingga 29 Juni 2024 di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten.

Tim yang dibimbing oleh Angga Erlando S. E, M.Ec.Dev., berhasil meraih penghargaan terbaik nasional III setelah melalui tiga ronde yang cukup berat dimulai dari babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Pada babak penyisihan, tim Amerta Venture Universitas Airlangga (Unair) melakukan analisis terhadap saham SIDOMUNCUL yang cukup familiar di kalangan masyarakat dengan produk tolak anginnya. Setelah terpilih menjadi 10 besar terbaik dan maju ke babak semifinal, tim Amerta Venture Unair mendapatkan kasus baru yaitu analisis perusahaan PHAPROS yang merupakan anak perusahaan Kimia Farma yang cukup asing terdengar namanya dengan produknya yang cukup awam terdengar salah satunya adalah antimo.

Tim Amerta Venture Unair diharuskan mempresentasikan analisis keputusan tersebut dalam waktu 15 menit di hadapan para juri. Kemudian, setelah dinyatakan lolos ke tahap final tim Amerta Venture Unair langsung memperoleh kasus baru untuk melakukan analisis dan menyiapkan file presentasi terkait emiten baru yaitu HANSOH PHARMA yang merupakan sebuah perusahaan farmasi asal Hongkong. Kasus baru tahap final ini rilis di hari yang sama setelah pengumuman peserta final pada pukul 20.00 dengan tenggat pengumpulan keesokan harinya pada pukul 06.00. Perjuangan dan semangat pantang menyerah mengantarkan tim Amerta Venture Unair berhasil menyelesaikan analisis tersebut selama 10 jam non-stop dan melakukan presentasi selama 10 menit di hadapan para juri serta mampu mempertahankan argumentasi dalam waktu 15 menit terkait analisis yang telah dilakukan.

Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) merupakan ajang tahunan bergengsi di bidang bisnis, manajemen, dan keuangan yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Indonesia dan Kemendikburistek Indonesia. KBMK tahun ini mengusung tema Eksplorasi Peluang Produksi dan Konsumsi Bertanggungjawab serta Penerapan Ekonomi Sirkular Pada Era Industry 4.0 dan Society 5.0 Untuk Percepatan Transformasi Ekonomi Nasional yang Inklusif dan Berkelanjutan Dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan. KBMK sendiri memiliki lima cabang perlombaan yang salah satunya merupakan cabang riset investasi. Cabang inilah yang ditekuni oleh Tim Amerta Venture Unair, mengingat latar belakang mereka yang berasal dari Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) FEB Universitas Airlangga yang fokus membahas dunia pasar modal. Amerta Venture Unair berhasil menyelesaikan seluruh tahapan lomba dan maju ke tahap final.

Sebagai tim Amerta Venture Unair, mereka telah bekerja sama dengan baik dan mengerahkan seluruh kemampuannya secara optimal. Saat tiba pengumuman pemenang mereka berhasil memeroleh penghargaan Terbaik Nasional III di bidang Riset Investasi setelah berkompetisi dengan lebih dari 100 tim yang berkompetisi bidang ini. Kemenangan ini membuka asa baru terutama untuk regenerasi bidang riset dan investasi dari Universitas Airlangga di periode selanjutnya.

Selain itu, mengingat ini pertama kali Universitas Airlangga menembus final di bidang Riset Investasi, harapannya akan membawa inspirasi dan motivasi untuk ke depannya mampu mendominasi ajang KBMK. Sebagai pemain baru capaian ini akan dievaluasi, dan tahun depan, Universitas Airlangga siap berjuang kembali dengan target kemenangan juara yang lebih banyak.

Sembilan Nampan Selasih
Sekian dan Terima kasih