CSV BRI UNTUK KOPERASI MAHENDRADATTA FEB UNAIR(FEB NEWS) Pada Sabtu, 22 Juni 2024, Aula Fadjar Notonagoro lantai 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) menjadi saksi sebuah langkah besar dalam transformasi digital. Acara "Talkshow & Launching Future Finance: Merubah Koperasi FEB UNAIR menjadi Pelopor Koperasi Digital bersama BRI" diselenggarakan oleh mahasiswa Kelas E2MS dengan ketua panitia Ginandjar Koesoemardhani. Acara ini tidak hanya sukses dari sisi pelaksanaan, tetapi juga mencerminkan dukungan kuat terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

KERJASAMA BRI KOP MAHENDRADATTA FEB UNAIRDalam sambutannya, Ketua HIMA MM FEB UNAIR, Aldo Lovely Arief Suyoso, menekankan pentingnya digitalisasi dalam kemajuan. "Digital tidak boleh dilepaskan dan digitalisasi memang harus dilakukan bila ingin maju," ujarnya. Aldo juga menambahkan, "Kegiatan ini bukanlah implementasi dari tugas kuliah melainkan ini adalah tugas untuk memajukan bangsa dan negara." Pesan ini menggema kuat dalam semangat seluruh peserta yang hadir.

Vice President Micro Banking BRI Regional Surabaya, Rahadi Kristiyono, dalam sambutannya menjelaskan bagaimana BRI, yang telah berdiri lebih dari 100 tahun, terus melakukan perubahan untuk menjadi lebih kuat melalui digitalisasi. "BRI tidak menjadi tua, tetapi menjadi kuat karena telah banyak melakukan perubahan, termasuk Digital Branch Office (BO) seperti BRILink," ujarnya. Rahadi juga berpesan, "Gelar memang penting, namun jangan kembali hanya dengan membawa gelar saja. Jadikanlah gelar tersebut nyata dan bermanfaat bagi masyarakat luas".

Dekan FEB UNAIR, Prof. Dr. Dian Agustia SE., MSi., Ak., CMA., CA. menyampaikan apresiasinya terhadap upaya kolaboratif ini. Prof. Dian tidak menganggap ini adalah tugas mahasiswa E2MS, melainkan Event dari BRI. Prof. Dian juga ingin menunjukkan kepada Pak Rahadi, bahwa Kelas E2MS telah menunjukkan bahwa mereka telah membuat acara dengan sangat HEBAT (Humble-Honest; E, yaitu Excellent; B, yaitu Brave; A, yakni Agile; dan T, yaitu Transcendents), artinya bahwa mahasiswa tidak hanya mengejar gelar saja, namun tetap dengan gelar yang bisa dirasakan kemanfaatannya oleh Masyarakat luas, bangsa dan negara.

Kesuksesan acara ini tidak terlepas dari kontribusi para pembicara yang luar biasa. Di antaranya 1. Ainurrohmatin - Agen BRILink Sobig Bejo, 2. Ketua II - Koperasi Mahendradatta FEB UNAIR - Dr. Windijarto, SE., MBA., 3. Nur Azza Karim - Manager Ekosistem BRI Regional Surabaya, 4. Sriani Nurnaningsih - Manager Ekosistem BRI Regional Surabaya, serta 5. Dr. Gasncar Candra Premananto sebagai moderator. Mereka berbagi wawasan dan pengalaman tentang pentingnya transformasi digital dan bagaimana memanfaatkannya untuk kemajuan bisnis mereka/koperasi juga UMKM.

Pada akhir acara, dilakukan peresmian kerjasama antara BRI dan Koperasi Mahendradatta FEB UNAIR. Sebagai simbol komitmen dan dukungan terhadap inisiatif digitalisasi ini, BRI menyerahkan mock-up dan tablet kepada koperasi Mahaendradatta melalui Dekan FEB UNAIR. Langkah ini merupakan bagian dari program CSV (Created Shared Value), yang mencakup pendaftaran Koperasi FEB UNAIR sebagai agen BRILink dan membuka toko di platform Loca-loka. Tak hanya itu, BRI juga memberikan persediaan koperasi senilai Rp 15.114.312 dan satu unit tablet Galaxy Tab A95G untuk mendukung operasional digital koperasi.

Dengan penyelenggaraan acara ini, mahasiswa Kelas E2MS UNAIR telah membuktikan bahwa mereka mampu menginisiasi perubahan yang signifikan menuju digitalisasi. Inisiatif ini secara khusus mendukung pencapaian SDGs 17, yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan, dengan memperkuat kolaborasi antara akademisi dan industri. Selain itu, upaya ini juga sejalan dengan visi menciptakan SDM unggul untuk Indonesia maju, menunjukkan bahwa para mahasiswa tidak hanya berfokus pada pendidikan formal tetapi juga pada kontribusi nyata yang berdampak positif bagi masyarakat dan bangsa. Kesuksesan ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak inisiatif serupa di masa mendatang, yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat luas.