ECONOMIC WEEK 2020

  • By Humas FEB
  • In Kampus
  • Posted 12 September 2020

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga merupakan salah satu fakultas terbaik di Indonesia, sehingga perlu memperhatikan fungsi dan peran perguruan tinggi dalam mengabdikan dirinya. Dengan jargon Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu “Ekonomi Satu” diharapkan seluruh kegiatan civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis selalu unggul dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan ekonomi dan bisnis di Indonesia. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga akan mengadakan sebuah acara yang terangkai dalam Economic Week 2020 (E-Week 2020) dengan tema “Encourage Youth Creativity for Universe”.

Pada dekade ini negara - negara di dunia sedang menghadapi suatu tantangan  besar yaitu adanya  sebuah ketidakpastian global. Para pemuda milennial di seluruh belahan dunia saat ini dituntut untuk bisa berpikir kreatif, inovatif dan solutif untuk dapat menghadapi sebuah tantangan ketidakpastian global. 

Pada tahun ini E-WEEK  2020 konsisten mempertahankan ruang lingkup acaranya ditingkat Internasional, dimana E-WEEK tahun ini memiliki tema besar “Encourage Youth Creativity for Universe”. E-WEEK konsisten mempertahankan ruang lingkup acaranya di tingkat Internasional dikarenakan dengan munculnya era VUCA beberapa waktu saat ini, seluruh negara di setiap belahan dunia harus siap menghadapinya, yang tentunya suatu ketidakpastian akan berdampak secara global pada pereknomian dan sektor - sektor penting lainnya yang juga melibatkan pemerintah serta masyarakat.

Negara Indonesia sebagai  salah satu bagian dari negara dunia selalu membangun  kerja sama serta  hubungan yang baik terhadap negara-negara dunia lainnya. Dengan batasan waktu, diharapkan “Encourage Youth Creativity for Universe” dapat dirasakan baik warga Indonesia maupun delegasi dari manca negara dan tentunya semua pihak yang terlibat. Selain itu dengan tema “Encourage Youth Creativity for Universe” diharapkan dapat menjadi wadah yang kreatif, inovatif, serta solutif  untuk menghadapi tantangan ketidakpastian yang ada di dunia global.

 

E-WEEK 2020 memiliki 3 sub acara yang akan dihadirkan mulai tanggal 19 September 2020  hingga 7 November 2020 yaitu :

  1.  Social Action 

Social action merupakan salah satu acara dalam serangkaian E-Week 2020 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Sosial Action 2020 "SOSACT" merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan jiwa sosial dan rasa kepedulian terhadap isu-isu sosial di sekitar kita. Isu hangat yang menjadi perbincangan dunia pada tahun 2020 ini adalah COVID-19.  Social Action memilih tema "Heal the World", melihat adanya beberapa bidang yang terkena dampak COVID-19  seperti bidang ekonomi, pendidikan, lingkungan, maupun bidang lainnya sehingga membutuhkan pemulihan setelah pandemi COVID-19 ini selesai.

 

Oleh karena itu, Social Action 2020 memiliki tujuan memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat khususnya terkait bidang ekonomi, pendidikan, dan lingkungan mengenai hal apa saja yang harus dipulihkan dan bagaimana cara memulihkan bidang-bidang tersebut. Sehingga nantinya setelah pandemi COVID-19 telah usai, masyarakat dapat melakukan pemulihan dengan cara yang tepat. Melalui aksi ini diharapkan dapat membantu memulihkan bidang-bidang yang terdampak COVID-19 tersebut. Di dalam rangkaian kegiatan Social Action terbagi menjadi 3 rangkaian sub acara yang meliputi: Seminar & Talkshow Online, Sumbang Singgah, dan 3 Days Challenge. 

  1.     IDSC (International Development Student Conference) 

IDSC (International Development Student Conference) adalah salah satu rangkaian acara E-Week 2020 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga yang akan dilaksanakan selama empat hari yang dimulai dari tanggal 19 September – 9 Oktober 2020. IDSC sendiri terdiri dari rangkaian dua acara utama, yaitu Call for Paper yang bertemakan “Establishing a Resilient Business and Economic in Boosting the Global Crisis Remedy”.  Seluruh peserta akan mengumpulkan full paper sesuai batas waktu yang ditentukan Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi yaitu penguatan argumen dan tanya jawab yang akan dilakukan melalui via zoom. Selanjutnya, dilakukan conference yang akan membahas seputar grand theme Conference and Call for Paper. Pada hari terakhir acara tanggal 10 Oktober 2020 peserta akan diajak untuk hadir dalam  Seminar.

 

  1. E-Festaphoria The  9Th EFESTAPHORIA merupakan rangkaian acara E-Week yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Efestaphoria merupakan acara yang berfokus pada seminar bisnis, kreatif market dan rangkaian acara musik. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis di mata umum serta diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang dunia bisnis dan juga dapat mengekspresikan diri melalui musik. Efestaphoria diadakan pada tangal 7 November  2020 melalui platform online yaitu youtube. Di dalam Efestaphoria sendiri terdapat dua rangkaian acara yaitu: 
  1. CBM (creative bussines market)  CBM merupakan serangkaian acara yang di dalamnya terdapat talkshow mengenai kewirausahaan. 
  2. Konser Musik Konser musik sendiri menampilkan beberapa penampilan dari internal band FEB dan di akhir acara ditutup dengan penampilan guest star. 
Hits 96