Kerjasama Eksternal

  • By Humas FEB
  • In BEM FEB
  • Posted 04 November 2019

Kerjasama Eksternal

Surabaya- 1 Maret – 30 November 2019, telah diadakan agenda kegiatan bertajuk “Kerjasama Eksternal” oleh Departemen Hubungan Luar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR). 

 

 

Kerjasama Eksternal merupakan agenda yang baru beroperasi pada kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa FEB periode 2019, menitikberatkan kepada hubungan kerjasama Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai perwakilan mahasiswa FEB, dengan merchant-merchant di sekitar kampus B Universitas Airlangga. Kerjasama Eksternal bertujuan untuk menyejahterakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dalam pemenuhan kebutuhan produk makanan, minuman, dan jasa-jasa lainnya. Dalam 8 bulan menjalankan kegiatan, Badan Eksekutif Mahasiswa FEB berhasil bekerjasama dengan 14 merchant, antara lain: Saliha Salon Muslimah, Batik Kalem, Roemah Sepatoe, AHASS Panglima Jaya Motor, Sun Optik, Zest Hotel Jemursari Surabaya, Parahita Diagnostic Center, PT. Excel Media Indonesia, NOC Cheese and Bubble Drink, LIA Ngangel, Beby’s Coffee, Bosshead Barbershop, Roti Mart, dan Surabaya English Preparation.

Melalui agenda kegiatan Kerjasama Eksternal, tidak hanya menyejahterakan mahasiswa FEB UNAIR, namun juga memberikan pelajaran dan pengalaman berharga kepada internal BEM FEB UNAIR 2019, khususnya Departemen Hubungan Luar. Dengan adanya agenda Kerjasama Eksternal, merchant dapat mempromosikan merchantnya di Instagram dan Official Account LINE BEM FEB UNAIR yang memiliki total pengikut sebesar 19.567 (per tanggal 1 November 2019) dengan total 4 kali posting di feeds dan story Instagram. Namun, merchant wajib memberikan feedback berupa penawaran diskon yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis aktif.

   

 

Pelaksanaan agenda Kerjasama Eksternal diawali dengan bertemu karyawan merchant dan meminta informasi contact person marketing dan/atau owner merchant. Setelah itu, penanggungjawab kerjasama eksternal menghubungi contact person dan mengirimkan proposal tawaran kerjasama berupa draft kerjasama, MoU (Memorandum of Understanding), dan promosi penawaran. Akhir dari proses agenda Kerjasama Eksternal adalah penandatanganan MoU oleh penanggungjawab agenda kegiatan Kerjasama Eksternal dengan stakeholder merchant.

Mengenai apa yang diharapakan setelah agenda Kerjasama Eksternal ini dilaksanakan, Andrew Alvaro Harun -penanggung jawab agenda Kerjasama Eksternal, menjelaskan “Sebagai staff Departemen Hubungan Luar, garda terdepan dari Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UNAIR, kami akan terus merintis, mempertahankan, dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai merchant, baik di dalam maupun di luar Kampus B Universitas Airlangga. Tujuannya adalah sebagai bentuk kerja nyata BEM FEB UNAIR yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh mahasiswa, yaitu untuk menyejahterakan dan membantu memenuhi kebutuhan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga akan berbagai produk makanan, minuman, maupun jasa-jasa lainnya. Selain itu, dengan adanya agenda Kerjasama Eksternal ini, diharapkan UMKM/merchant baik di dalam maupun di luar kampus B Universitas Airlangga yang telah bekerjasama dengan BEM FEB UNAIR 2019, dapat mengembangkan bisnis hingga mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah maupun nasional”

Hits 2879