Title: EVALUASI DAN FORMULASI STRATEGI BISNIS GUPALAS PTPN XI SURABAYA
Authors: ARI SISWANTO
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
PT. Perkebunan Nasional XI Persero (PTPN XI) merupakan BUMN yang bergerak di industri gula berdiri sejak tahun 1972. Gula premium hadir sebagai gula pilihan utama kalangan menengah dengan kemasan praktis, bersih dan sehat untuk dikonsumsi. PTPN XI meluncurkan Gupalas pada tahun 2010 sebagai gula premium yang akan dipasarkan di seluruh Indonesia. Dengan persaingan yang semakin sengit maka setiap pelaku tentu harus menyiapkan berbagai strategi untuk dapat bersaing dengan pelaku lainnya. Untuk melihat kesesuaian strategi yang telah berjalan saat ini yang menjadi proposisi penelitian, digunakan analisa strategi diamond yang digagas oleh Hambrick and Fredrickson (2005), dimana terdapat 5 elemen yang menjadi pendekatan yaitu : Vehicle, Differentiation, Staging, Economic Logic untuk melihat kesesuaian strategi yang diterapkan, berdasarkan pendekatan tersebut dihasilkan dengan 4 skenario strategi, Skenario I yaitu aliansi dengan CV Fajar, Skenario II yaitu Diakuisisi oleh PTPN XI, Skenario III yaitu Pengembangan produk Gula Premium baru, Skenario IV PTPN XI Fokus pada gula Komoditi (tidak bermain di segmen Premium. Kemudian dianalisa menggunakan analisa Cost and Benefit, berdasarkan persepsi dari survey yang dilakukan kepada jajaran manajemen. Berdasarkan analisa Cost and Benefit dipilih 3 tahapan skenario yang harus dilakukan. Tahapan pertama adalah Skenario I yaitu aliansi dengan CV Fajar, Tahapan kedua adalah Skenario II yaitu Diakuisisi oleh PTPN XI, dan Tahapan ketiga adalah Skenario III yaitu Pengembangan produk Gula Premium baru. Untuk melaksanakan ketiga tahapan tersebut dlakukan perencanaan dengan Roadmap Strategi. Dalam pelaksanaan Roadmap strategi tersebut PTPN XI harus mempunyai inisiatif dari berbagai fungsi didalam organisasinya diantaranya adalah Inisiatif Management, Inisiatif Human Resources, Inisiatif IT/RnD, Inisiatif Marketing, Inisiatif Produksi, Inisiatif Delivery
Keywords: Five Elements Strategic Hambrick and Frederickson
Sources: http://repository.unair.ac.id/38501/