Title: Analisis Faktor Sistem Penilaian Kinerja Front Line Staff Pada Bank Pembangunan Daerah Bali

Authors: I. Gusti Lanang Suta Artatanaya

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Sumber daya manuasia di perusahaan perlu dikelola secara profesional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan karyawan dengan tuntutan dan kemampuan organisasi perusahaan. Keseimbangan tersebut merupakan kunci utama perusahaan agar dapat berkembang secara produktif dan wajar. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali bermaksud membuat suatu sistem penilaian kinerja yang benar-benar dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan perusahaan ke depan, dan bukan melakukan suatu sistem penilaian kinerja yang dirasakan hanya sebatas kertas kerja (paper work) pelengkap administrasi sumber daya manusia. Berkenaan dengan hal tersebut di atas maka perlu kiranya dianalisis lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang dapat dipergunakan sebagai dasar penilaian kinerja dan pengambilan keputusan kepersonaliaan pada BPD Bali. Dari pemaparan di atas maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini adalah faktor-faktor apakah yang dapat digunakan sebagai dasar penilaian kinerja pada front line staff BPD Bali. Disamping rumusan masalah diatas penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat dipergunakan dalam sistem penilaian kinerja pada front line staff BPD Bali dan memberikan masukan untuk penyempurnaan sistem penilaian kinerja pada front line staff BPD Bali. Penelitian ini diharapkan juga dapat bermanfaat untuk berbagai pihak seperti, Manajemen BPD Bali dalam pengambilan kebijakan pada sumber daya manusianya, Peneliti sebagai bahan informasi yang relevan dan penambah khasanah kepustakaan dalam Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia khususnya dalam aspek penilaian kinerja. Untuk kesempurnaan dalam menganalisis dan melakukan pembahasan dalam penelitian ini maka berbagai teori dan konsep dari para pakar dijadikan pijakan utama. Teori dan konsep tersebut adalah Penilaian Prestasi Kerja. Tujuan Penilaian Prestasi Kerja, Manfaat Penilaian Prestasi Kerja, Aspek-aspek Penilaian, Metode Penilaian, Syarat-syarat Sistem Penilaian Kinerja, Efektivitas Sistem Penilaian Kinerja, Layanan Pelanggan, Unsur Utama Kepuasan Pelanggan dalam lndustri Jasa, Pelayanan Prima (Service Exellence), Service Quality dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mutu Jasa. Sintesis dari tinjauan pustaka di atas dan alur pemikiran peneliti memunculkan suatu kerangka konseptual penelitian yang didahului oleh variabel manifes yang direduksi menjadi variabel laten (faktor) yang selanjutnya direkomendasikan menjadi sistem penilaian kinerja pada front line staff BPD Bali. Untuk mengimplementasikan kerangka konseptual di atas maka penelitian ini membutuhkan beberapa materi dan metode penelitian yang sesuai. Penelitian mempergunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari data yang terkumpul selanjutnya dilakukan berbagai analisis untuk mendapatkan temuan penelitian yang akan dibahas lebih lanjut, analisis yang dilakukan adalah analisis faktor, analissis keandalan alat ukur, analisis rata-rata tertimbang dan analisis crosstab. Dari analisis hasil penelitian di atas dapat diperoleh temuan penelitian yang dapat direkomendasikan sebagai dasar penilaian kinerja untuk front line staff BPD Bali adalah terdiri atas Empat faktor utama yaitu : 1. Kemampuan dan Komunikasi (Ability and Communication), 2. Tindakan dan Tanggung Jawab (Action and Accountability), 3. Sikap dan Penampilan (Attitude ang Appearance), 4. Perhatian (Attention). Temuan penelitian ini pada dasarnya adalah mencerminkan sistem penilaian pada front line staff untuk industri jasa, terbukti dari pembahasan di atas bahwa temuan penelitian ini sesuai dengan teori atau konsep yang dipaparkan oleh para pakar indudtri jasa dan pelayanan. Dengan adanya temuaan penelitian tersebut maka diharapkan dapat meningkatkan khasanah pemahaman tentang sistem penilaian kinerja dalam Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan menjadikan pedoman bagi para praktisi perusahaan jasa khususnya dalam membuat sistem penilaian kinerja pad a front line staff-nya, seperti halnya BPD Bali

 

Keywords: Ability and Communication, Action and Accountability, Attitude and Appearance, Attention

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/35515/