Title: ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN PENGGUNA KAPAL PENYEBERANGAN LINTAS UJUNG KAMAL JAWA TIMUR.
Authors: Ady Soejoto
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Penelitian memfokuskan pada analisis perbedaan konsumen, dan analisis beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan. Analisis perbedaan meliputi status, tujuan dan sumber informasi konsumen dengan penggunaan kapal penyeberangan. Analisis beberapa faktor harga, kenyamanan, keamanan, keleluasaan, fasilitas internal, fasilitas eksternal, keselamatan penyeberangan, ketepatan waktu, dan perilaku pramuniaga. Populasi penelitian konsumen pengguna kapal penyeberangan Lintas Ujung Kamal Jawa Timur. Sampel penelitian sebanyak 285 konsumen pengguna kapal penyeberangan dengan menggunakan teknik proporsionl stratified sampling. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kai kuadrat dan regresi linier berganda dengan pendekatan full regression dan step wise regression. Hasil penelitian mengkonfirmasikan ada perbedaan siginifikan antara status konsumen dengan penggunaan kanal penyeberangan, tujuan konsumen dengan menggunaan kapal penyeberangan, sumber informasi konsumen dengan penggunaan kapal penyeberangan. Faktor harga, kenyamanan, keamanan, fasilitas eksternal, dan perilaku pramuniaga secara individu dan secara bersama-sama signifikan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen pengguna kapal penyeberangan. Fakfor perilaku pramuniaga dominan pengaruhnya terhadap keputusan pengguna kapal penyeberangan. Keputusan Konsumen penggunaan kapal penyeberangan dideterminasi oleh harga, kenyamanan, keamanan, fasilitas eksternal dan perilaku pramuniaga. Impl emantasi di dalam pengembangan strategi pemasaran, Str = f ( H, Ke, Ka, Fe, P, . . .). Strategi pemasaran yang menempatkan pelayanan sebagai strategi prioritas diikuti dengan faktor-faktor lain yang signifikan. Harga merupakan variabel strategis. Kenyamanan, keamanan, fasilitas eksternal, dan perilaku pramuniaga merupakan variabel kompetisi.
Keywords: THE PRICE FACTOR PLEASURE SECURITY EXTERNAL FACILITIES AND PERSONAL SELLING BEHAVIOR
Sources: http://repository.unair.ac.id/34929/