Title: PENENTUAN STRATEGIC BERSAING BISNIS E-COMMERCE DI INDONESIA.

Authors: N. Ari Subagio

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Kondisi lingkungan perusahaan yang selalu berubah-ubah mengharuskan perusahaan untuk selalu tanggap dalam menghadapinya. Hal ini menuntut perusahaan untuk selalu melakukan evaluasi terhadap kemampuannya (kekuatan dan kelemahan) serta peluang dan ancaman yang timbul. Kemampuan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman akan memberikan competitive advantage bagi perusahaan. Sehingga kelangsungan hidup perusahaan dapat dipertahankan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan penyedia jasa portal internet; (2) Mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi dalam industri portal internet saat ini maupun di masa yang akan datang; (3) Mengetahui strategi yang tepat guna dalam rangka memaksimalkan kekuatan dan peluang sekaligus meminimalkan kelemahan dan ancaman yang ada. Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan penyedia jasa portal internet, yaitu PT. Posmo Medianet Internasional (http://www.posmo.com) yang merupakan Kelompok Oposisi (kelompok penerbit yang menangani tabloid Oposisi, Posmo, Gugat, Dendang) dalam Grup Jawa Pos. Teknik analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan matrik yang meliputi SWOT Matrik, IE Matrik, dan Grand Strategy Matrik. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dikirim melalui email. Selain PT. Posmo Medianet Internasional, data juga diperoleh dari hasil wawancara dengan 11 pengelola jasa portal internet yang lain dan seorang pakar teknologi informasi guna membantu mengidentifikasi faktor-faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perkembangan industri ini. Analisis yang dilakukan berhasil mengetahui faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman yang memiliki pengaruh terhadap PT. Posmo Medianet Internasional. Dari hasil analisis tersebut dihasilkan beberapa alternatif strategi yang meliputi: (1) SO Strategies, (2) WO Strategies, (3) ST Strategies, (4) WT Strategies, dan (5) Hold and Maintain. Selain itu jugs disampaikan beberapa saran kepada PT. Posmo Medianet Internasional untuk menindaklanjuti alternatif strategi yang dihasilkan melalui penelitian ini. Pengembangan yang dilakukan sebaiknya diarahkan untuk menarik konsumen (attracting customers) lebih banyak lagi dan meningkatkan kunjungan konsumen yang sudah ada ke website Posmo.com.

Keywords: INTERNET (COMPUTER NETWORK); STRATEGIC PLANNING

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/34815/