Title: ANALISIS STRATEGI PERGURUAN TINGGI: TELAAH FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL SEBAGAI DASAR PENENTUAN POSISI KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN PEMILIHAN STATEGI
Authors: Lis Andriani H.R.
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Dinamika pertumbuhan ekonomi bisnis dan kemajuan teknologi saat ini pada gilirannya akan membawa setiap organisasi maupun perusahaan, dengan berbagai produk dan jasa yang ditawarkannya, ke dalam suasana pasar yang semakin kompleks dan kompetitif Untuk dapat tetap bertahan dalam persaingan bisnis penyediaan jasa pendidikan tinggi yang begitu ketat dewasa ini, maka tiap perguruan tinggi, terutama Perguruan Tinggi Swasta, harus mampu mengetahui letak posisi keunggulan kompetitifnya masing-asing, untuk kemudian memilih dan menerapkan strategi usaha yang tepat, sesuai dengan posisi keunggulan yang dimilikinya tersebut. Hal pertama yang harus dilakukan oleh masingmasing PTS, sebelum menentukan posisi keunggulan kompetitif dan memilih strategi usahanya, adalah mengidentifikasi faktor-aktor kritikal yang berada di dalam lingkup rganisasinya, baik internal maupun eksternal. Identifikasi ini merupakan langkah awal untuk mengetahui kekuatan dan peluang yang ada, kelemahan yang dimiliki, serta potensi ancaman yang mungkin timbul. Kemudian, dengan mengetahui hal tersebut, maka tiap-tiap PTS akan dapat secara tepat memanfaatkan keunggulan dan peluang yang mereka miliki untuk membatasi/ mengurangi kelemahan dan ancaman yang mungkin akan terjadi. Objek penelitian ini adalah 9 (sembilan) Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Kotamadya Surabaya, yang mempunyai Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen dengan status terakreditasi B, berdasarkan data Direktori Kopertis Wilayah VII, Tahun 1999. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan posisi keunggulan kompetitif masing-masing PTS berdasarkan faktor-faktor keberhasilan kritis internal maupun eksternal yang dimilikinya, serta menentukan strategi apa yang paling sesuai untuk diterapkan berdasarkan posisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, yang meliputi analisis SWOT dan analisis matriks. Analisis SWOT berusaha membandingkan profil peluang dan ancaman lingkungan (ETOP) dengan profil keunggulan strategis (SAP) organisasi. Sementara itu, analisis matriks merupakan suatu analisis yang terdiri dari 3 (tiga) tahapan, yaitu tahap pengenalan (menggunakan matriks IFE dan EFE), tahap pengembangan alternatif (matriks IE dan matriks SWOT), serta tahap keputusan (dengan menggunakan QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, Unika Widya Mandala, UK Petra, dan Ubaya berada pada posisi yang sangat menguntungkan, yaitu terletak di kuadran 1 matriks IE, sementara keenam PTS lainnya berada pada kuadran 2, yang berarti memiliki posisi cukup menguntungkan. Kedua, alternatif strategi yang dapat diterapkan untuk masingmasing PTS adalah sebagai berikut; Unika Widya Mandala sebaiknya melakukan strategi pengembangan pasar, Untag, UPB, UPN "Veteran" dan Ubhara dianjurkan untuk menerapkan strategi pengembangan produk, Unitomo dengan strategi integrasi ke belakang, Unipra menggunakan strategi penetrasi pasar, sedangkan UK Petra dan Ubaya sebaiknya melaksanakan strategi integrasi horizontal Strategi tersebut dapat dijadikan acuan penyusunan strategi jangka panjang dalam rangka pengembangan masing-masing PTS, sehingga diharapkan pengembangannya akan semakin terarah, terfokus, lebih efektif dan efisien dalam mencapai visi dan misi organisasi.
Keywords: EDUCATION, HIGHER; STRATEGIC PLANNING
Sources: http://repository.unair.ac.id/34804/