Title: Pengaruh Source Credibility Beauty Vlogger dan Parasocial Relationship terhadap Customer Equity Youtube Viewers

Author: Nadiya Fikriyatuz Zakiyah

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Semakin berkembangnya media sosial dapat membantu para pemasar dalam memasarkan produknya. Penggunaan media sosial sekarang ini sangat membantu konsumen untuk mempermudah dan mempercepat akses dalam pencarian ulasan dan informasi produk yang diinginkan. Konten suatu produk pada media sosial memberikan pengaruh yang berarti terhadap persepsi merek yang dimiliki konsumen dan pemilihan merek (Gruen, Osmonbekov & Czaplewski, 2006) serta memudahkan perusahaan untuk memperoleh konsumen baru (Trusov, Bucklin & Pauwels, 2009) bahkan memiliki potensi untuk mempengaruhi perilaku pembelian produk produk mewah (Blackshaw, 2006). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh source credibility yaitu yang terdiri dari attractiveness, expertise dan trustworthiness beauty vlogger terhadap parasocial relationship, serta pengaruh parasocial relationship terhadap customer equity yang terdiri dari value equity, brand equity, dan relationship equity viewers YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 180 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan Partial Least Square (PLS) yang diolah menggunakan software SmartPLS 3.0. Pada penelitian ini ditemukan bahwa pengaruh attractiveness dan trustworthiness terhadap parasocial relationship adalah positif dan signifikan. Selanjutnya, pengaruh expertise terhadap parasocial relationship adalah positif dan tidak signifikan. Begitu juga, pengaruh parasocial relationship terhadap value equity, brand equity dan relationship equity dalah positif dan signifikan.

Kata Kunci : Source Credibility, Parasocial Relationship, Customer Equity

 

Source: http://repository.unair.ac.id/98471/