Title: PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA KURIKULUM PROGRAM STUDI AKUNTANSI STRATA SATU (S 1) DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI : Studi Kasus pada Universitas Gadjah Mada, Universitas Surabaya, dan STIE PERBANAS Surabaya
Authors: SUSI RETNA CAHYANINGTYAS
Affiliations: Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) merupakan suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan tugas-tugas dengan standar kinerja tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap kompetensi tertentu. Kompetensi merupakan perpaduan dari pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. KBK merupakan suatu konsep yang menawarkan otonomi pada program studi untuk menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan utama KBK adalah memandirikan atau memberdayakan program studi dalam mengembangkan kompetensi yang akan disampaikan kepada peserta didik, sesuai dengan kondisi lingkungan (tuntutan dunia kerja). Disamping lulusan yang kompeten, peningkatan mutu dalam KBK antara lain akan diperoleh melalui reformasi program studi yang ditandai dengan meningkatnya kerjasama dengan industri, masyarakat profesi, peningkatan profesionalisme dosen, materi yang diajarkan relevan dengan kebutuhan masyarakat, serta melakukan penilaian dan pengawzsan secara terus menerus untuk menjamin mutu secara menyeluruh dan menciptakan proses perbaikan yang berkesinambungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan KBK pada kurikulum Program studi akuntansi S 1 pada tiga perguruan tingi (Universitas Gajah Mada, Universitas Surabaya, dan STIE PERNANAS Surabaya), dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinbgi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus, dengan pengumpulan data yang didasarkan pada unit analisis, meliputi cara menetapkan standar kompetensi lulusan, struktur kurikulum, penyusunan materi pembelajaran, penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam mendukung kegiatan pembelajaran, peran dosen dalam menerapkan metode pembelajaran student-centered learning (SCL), penilaian basil pembelajaran, dan evaluasi proses pembelajaran. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Interpretasi temuan dilakukan dengan cara menetapkan kriteria untuk menginterpretasikan temuan terhadap masing-masing unit analisis, kemudian membandingkan kriteria tersebut dengan fakta /temuan (berupa data-data yang berhasil dikumpulkan), dan hasilnya diberikan penjelasan secara naratif sehingga diperoleh kesimpulan mengenai penerapan KBK
Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa kurikulum program studi akuntansi Strata satu (S 1) pada fakultas ekonomi Universitas Gajah Mada, fakultas ekonomi Universitas Surabaya dan STIE PERBANAS Surabaya sudah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, akan tetapi masih perlu perbaikan pada hal- hal tertentu, sebagai berikut: (1) unsur-unsur stakeholder yang terlibat dalam menetapkan standar kompetensi lulusan, (2) informasi-informasi yang digali dari stakeholder, (3) silabus dan RPKPS/SAP, (4) metode pembelajaran, (5) evaluasi proses pembelajaran.
Keywords: Competency-Based Curriculum (CBC), education quality.
Sources: http://repository.unair.ac.id/34104/