Title: PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, CUSTOMER RATING, PRODUCT EVALUATION DAN TRUST TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PENGUNJUNG WEBSITE SHOPEE

Authors: DEYKHA AGUILIKA

Item Type: Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract
Kebutuhan akan layanan internet di Indonesia mengalami peningkatan pesat dari tahun ke tahun. Besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia telah memicu pergeseran tren aktivitas transaksi, dimana masyarakat tak hanya terpaku pada aktivitas transaksi secara langsung di pusat perbelanjaan namun juga telah merambah pada transaksi online. Online Customer Review (OCR) dan rating masih menjadi salah satu rujukan konsumen saat berbelanja online. OCR menjadi awal untuk konsumen mengambil keputusan terkait dengan pembelian secara online. Fenomena ini membuat pelaku bisnis perlu memberikan perhatian khusus terhadap OCR dan Rating. Penelitian ini menguji pengaruh OCR, customer rating , product evaluation dan trust terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan 119 responden sebagai sampel. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode non-probability sampling, dan teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa OCR memiliki pengaruh positif terhadap product evaluation dan trust sedangkan customer rating memiliki pengaruh positif terhadap product evaluation tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap trust. Kemudian product evaluation dan trust memiliki pengaruh positif terhadap purchase intention.

Kata Kunci : online customer review, customer rating, product evaluation, trust, purchase intention

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/76836/