Title: ANALISIS STRATEGI PENJUALAN UNTUK MENINGKATKAN OPLAH KORAN JAWA POS DI ERA DIGITAL DENGAN METODE PERAMALAN

Authors: M. YUSUF FANDORA

Item Type: Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Media cetak memiliki tantangan tersendiri dalam era digital saat ini, keberadaannya telah terpinggirkan oleh media digital semakin meluas, dalam hal ini salah satunya adalah portal berita online. Penelitian ini menggunakan obyek penelitian PT. Jawa Pos Koran, on-line pemasaran / distribusi surat kabar. Sebagai salah satu media cetak terbesar di Indonesia Jawa Pos juga mengalami hal yang sama dengan industri percetakan lainnya, tantangan di era digital. Kehadiran media elektronik membuat industri media cetak harus berusaha untuk meningkatkan penjualan sirkulasi untuk memberikan manfaat maksimal. analisis berbagai strategi dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metode peramalan (forecasting). Penelitian ini dilakukan dengan melihat Jawa Pos penjualan sirkulasi surat kabar dalam waktu 5 tahun yang lalu, tetapi hal itu dilakukan dengan metode kualitatif, wawancara dengan aktor dalam pemasaran koran Jawa Pos. Hasil peramalan pada surat kabar Jawa Pos dengan pemimpin redaksi Jawa Pos menunjukkan bahwa untuk memenuhi 2017, koran Jawa Pos optimistis kondisi yang ada dapat develop.On sisi lain, dengan kendala teknis atau non teknis, koran Jawa Pos masih memiliki kendala yang dapat mengganggu proses distribusi Jawa Pos koran, seperti cuaca buruk dan mesin cetak perlu upgrade.

Kata Kunci : Peramalan, Strategi Penjualan, Koran, Era Digital

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/61078/