Title: EKSPLORASI HAMBATAN DAN PELUANG PEMASARAN PERTUNJUKAN SENI LUDRUK (Studi Pada Grup Ludruk Irama Budaya Surabaya)
Authors: IKHWAN KHOLID
Item Type: Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Pergelaran seni ludruk adalah salah satu budaya asli dari Jawa Timur khususnya Surabaya, salah satu tempat pergelaran seni ludruk yang ada di Surabaya adalah di Taman Hiburan Rakyat (THR) dan salah satu grup ludruk yang tampil secara regular disana adalah grup ludruk Irama Budaya. Permasalahannya adalah pergelaran seni ludruk yang ada saat ini kurang diminati oleh konsumen karena banyaknya pesaing dan perkembangan dari tekhnologi yang sangat pesat yang menawarkan hiburan yang menarik pada konsumen. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif riset dengan metode study case. Tujuan dari penelitian ini adalah menjadikan pergelaran seni ludruk sebagai tontonan yang layak jual dengan melihat permasalahan atau hambatan yang dihadapi oleh pihak grup ludruk Irama Budaya dan melihat peluang yang bisa dikembangkan dari produk seni ludruk. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah ketidakmampuan dari pengelola dan seniman ludruk untuk menghasilkan dan menawarkan produk seni ludruk yang diharapkan konsumen yang disebabkan oleh keengganan dari seniman ludruk itu sendiri untuk mengembangkan dan memperbaiki produk seni yang sudah ada, permasalahan yang dihadapi oleh pengelola dan seniman ludruk dalam upaya menghasilkan dan menawarkan produk seni ludruk yang berkualitas adalah: tempat, orang, perlengakapan penunjang, inovasi cerita, dan promosi yang sesuai dengan target marketnya.
Kata Kunci : pergelaran seni ludruk, manajemen pemasaran, atribut produk, target market
Sources: http://repository.unair.ac.id/64989/