Title: PENGARUH BRAND COMMUNITY IDENTIFICATION TERHADAP ANTESEDEN BRAND LOVE DAN BRAND COMMITMENT: STUDI PADA KOMUNITAS JUVENTUS CLUB INDONESIA

Authors: I PUTU SEPTIAN ADI PRAYUDA

Item Type: Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand community identification terhadap brand identification dan brand trust, pengaruh brand identification dan brand trust terhadap brand love, pengaruh brand love terhadap brand commitment, pengaruh brand identification dan brand trust terhadap brand commitment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas Juventus Club Indonesia. Anggota yang dimaksud adalah orang-orang yang bergabung dengan Juventus Club Indonesia dan memiliki kartu keanggotaan komunitas tersebut. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 138 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program AMOS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel brand community identification, brand identification, brand trust, brand love, dan brand commitment. Pengaruh yang tidak signifikan terjadi pada hubungan brand trust dan brand commitment yang disebabkan adanya kepercayaan dari anggota komunitas bahwa kecil kemungkinannya klub sepakbola Juventus tidak ada lagi. Hal tersebut menyebabkan hubungannya dengan tingkat rasa untuk memelihara hubungan dengan klub sepak bola Juventus menjadi tidak signifikan.

Kata Kunci : Brand community identification, brand identification, brand trust, brand love, brand commitment, Juventus Club Indonesia

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/61101/