Title: PENGARUH KUALITAS WEBSITE, AKTIVITAS PENJELAJAHAN DI DALAM TOKO ONLINE, KONDISI FLOW, DAN KEPERCAYAAN ONLINE TERHADAP DORONGAN MEMBELI SECARA IMPULSIF DALAM KONTEKS M-COMMERCE

Authors: DAMAR KRISTANTO

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Saat ini konsep e-commerce telah berubah yang pada awalnya konsumen mengakses toko online melalui perangkat keras berupa personal computer (PC) maupun laptop kini konsumen mengakses toko online melalui smartphone yang merupakan perangkat mobile. Salah satu fenomena yang menjadi perhatian adalah mulai maraknya perilaku pembelian yang impulsif ketika berbelanja online dengan menggunakan smartphone, sehingga hal ini memberikan tantangan bagi pelaku bisnis untuk mendesain website toko online mereka ke dalam versi mobile. Hal tersebut menimbulkan suatu pertanyaan bagaimana dorongan untuk membeli secara impulsif yang pada penelitian sebelumnya sering terjadi dalam konteks toko fisik dapat terjadi juga pada toko online terlebih lagi melalui media perangkat smartphone. Melihat hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website toko online versi mobile terhadap aktifitas penjelajahan di dalam toko online, kondisi flow, kepercayaan online dan dorongan untuk membeli secara impulsif. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R) sebagai dasar berpikir dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode nonprobability sampling, dan teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 200 responden. Teknik Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website toko online versi mobile memiliki pengaruh positif terhadap aktifitas penjelajahan di dalam toko online, kondisi flow, dan kepercayaan online. Kemudian aktivitas penjelajahan di dalam toko online memiliki pengaruh positif terhadap kepercayaan online dan dorongan untuk membeli secara impulsif. Demikian juga dengan variabel kondisi flow dan kepercayaan online juga memiliki pengaruh terhadap dorongan untuk membeli secara impulsif. Pada penelitian ini didapati hasil bahwa aktivitas penjelajahan di dalam toko online tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kondisi flow.

Kata Kunci : Kualitas website toko online versi mobile, kondisi flow, aktivitas penjelajahan di dalam toko online, kepercayaan online, dorongan untuk membeli secara impulsif

 

Sources:http://repository.unair.ac.id/65348/