Title: Pengaruh Communication Climate Dan Communication Satisfaction Terhadap Knowledge Sharing Melalui Affective Commitment Di Pt Pln (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan Dan Jaringan Kediri

Authors: Sofia Suryariana

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Knowledge sharing adalah aktivitas berbagi pengetahuan, pengalaman dan ide yang dimiliki oleh dan antar karyawan. Pengetahuan telah menjadi suatu kebutuhan bagi perusahaan dan karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sehingga untuk meningkatkan knowledge sharing para karyawan diperlukan affective commitment yang tinggi dengan karyawan terlibat dalam pencapaian tujuan perusahaan. Untuk mencapai affective commitment para karyawan maka diperlukan communication climate dan communication satisfaction. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh communication climate dan communication satisfaction terhadap knowledge sharing melalui affective commitment. Sampel dari penelitian ini adalah karyawan PT. PLN (Persero) Area Kediri. Menggunakan bantuan program smartpls 2 ditemukan hasil penelitian bahwa communication climate berpengaruh signifikan terhadap knowledge sharing melalui affective commitment sedangkan communication climate tidak berpengaruh signifikan terhadap knowledge sharing. Communication satisfaction berpengaruh signifikan terhadap knowledge sharing tanpa melalui affective commitment. Hasil R-square menunjukkan bahwa affective commitment dipengaruhi oleh communication climate dan communication satisfaction sebesar 19,4 % sedangkan 80,6 % dipengaruhi oleh variabel lain. Knowledge sharing dipengaruhi oleh communication climate, communication satisfaction dan affective commitment sebesar 34,4 %, sedangkan 65,6 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords: communication climate, communication satisfaction, affective commitment, knowledge sharing

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/39639/