Title: MEMAHAMI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PELAKU COMPULSIVE BUYING (Pelanggan MCM Diamante)
Authors: MUSTAFA CKHAMAL MALIK
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan meneliti pola pembelian pada konsumen yang memiliki perilaku compulsive buying, dimanakonsumen ini memiliki perilaku compulsive dalam pembelian barang-barang mewah terutama berlian, dalam penelitian ini juga meneliti disonansi kognitif yang dirasakan oleh pelaku setelah melakukan pembelian berlian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deep-interview dalam mengorek informasi dari para pelaku. Penelitian ini menujukan bahwa para pelaku compulsive buying lebih banyak termotivasi oleh faktor afektif begitu pula dasar pengambilam keputusan dalam pembelian, semua informan memilki rasa bersalah atas perilakunya, akan tetapi perasaan bersalah mereka kalah dengan hasrat untuk mengulang perilaku pembelian mereka.
Keywords: compulsive buying, proses pengambilan keputusan, keputusan afektif
Sources: http://repository.unair.ac.id/39582/