Title: PENGGUNAAN GOAL FRAMING HOPE APPEAL,EXECUTIONAL FRAMEWORK DAN ENDORSER PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

Authors: ARISTA BOLIVAR BATARA-GOA

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

BKKBN sebagai institusi pemerintah berusaha menurunkan angka pernikahan dini diantara remaja dengan program pemasaran sosial bernama Genre (Generasi Berencana). Dalam program tersebut, BKKBN menggunakan iklan layanan masyarakat yang mayoritas menggunakan daya tarik pengharapan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari tiga unsur desain iklan dalam iklan layanan masyarakat Genre, yaitu goal framing hope appeal, executional framework dan endorser terhadap dua variabel prediktor dari sikap terhadap perilaku menunda usia pernikahan, yaitu daya persuasi pesan dan sikap terhadap iklan. Penelitian menggunakan desain riset eksperimen dengan 2 x 2 x 2 factorial design�between subjects berikut: 2 tipe hope appeal: goal framing positif dan goal framing negatif; 2 tipe executional framework: slice-of-life dan informative; dan 2 tipe endorser: celebrity dan animasi. Partisipan diambil dari siswa SMAN 2 Jember, Propinsi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masingmasing tipe yang dibandingkan dari ketiga unsur desain iklan tidak memiliki pengaruh yang berbeda secara signifikan pada daya persuasi pesan dan sikap terhadap iklan, kecuali dalam pengaruh executional framework pada daya persuasi pesan. Namun ditemukan pengaruh signifikan dari interaksi antara executional framework dan endorser pada daya persuasi pesan dan sikap terhadap iklan.

Keywords: public service announcement (PSA), hope, executional framework,spokes-character, goal framing, adolescent, social marketing

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/39377/