Title: Pengaruh Regulatory Focus Dan Sumber Persaingan Terhadap Keputusan Perusahaan Pada Strategi Imitasi Atau Inovasi Serta Konsekuensinya Dalam Kinerja Perusahaan
Authors: Apri Imanur Romadhon
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran perusahaan dalam melakukan strategi inovasi, imitasi, dan ambidextrous untuk menghadapi pesaingnya. Ketiga strategi tersebut dibentuk oleh orientasi perusahaan (regulatory focus) dan sumber persaingan perusahaan dalam menentukan strategi. Regulatory focus terdiri dari promosi dan prevensi, sedangkan sumber strategi terdiri dari informasi dan rivalitas. Peneliti menggunakan studi eksperimen dengan keseluruhan partisipan sebanyak 120 mahasiswa MM Universitas Gajah Mada dan Universitas Airlangga yang sedang bekerja untuk mendapatkan perspektif dari sudut pandang perusahaan. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa promosi dan prevensi tidak berbeda signifikan dalam membentuk inovasi aataupun imitasi. Informasi akan mengarah pada inovasi, sedangkan rivalry akan mengarah pada imitasi. Gabungan antara promosi dan rivalry akan membentuk ambidextrous, sedangkan prevensi dan informasi akan membentuk inovasi. Selain itu, kinerja perusahaan akan lebih baik jika menggunakan strategi ambidextrous.
Keywords: Inovasi, imitasi, ambidextrous, regulatory focus, sumber strategi, kinerja perusahaan
Sources: http://repository.unair.ac.id/33617/