Title: PENGARUH KEMAMPUAN MENCIPTA PENGETAHUAN TENTANG PELANGGAN INTERNAL TERHADAP KINERJA HUBUNGAN ANTAR BAGIAN MELALUI KOMPETENSI INDIVIDU KARYAWAN PABRIK GULA JATIROTO LUMAJANG
Authors: YOSEP AF SOEPARDJI
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Perkembangan dunia industri baik produk barang maupun jasa dewasa ini mengalami persaingan yang sangat ketat, sehingga pelaku industri membutuhkan strategi tertentu untuk tetap memiliki keunggulan bersaing dan bertahan dalam kompetisi ini. Demikian juga dengan Pabrik Gula Jatiroto,sebagai salah satu industri gula dengan kapasitas produksi terbesar di Jawa Timur, Pabrik Gula Jatiroto berusaha untuk membangun pemahaman sumber daya manusia yang dimiliki sebagai keunggulan bersaing. Berdasarkan Teori Pemasaran Internal, penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kemampuan mencipta pengetahuan tentang pelanggan internal terhadap kinerja hubungan antar bagian di Pabrik Gula Jatiroto. Lebih lanjut, peneliti menganalisis pengaruh kemampuan mencipta pengetahuan tentang pelanggan internal terhadap kompetensi individu karyawan di pabrik gula Jatiroto dan pengaruh kompetensi individu karyawan terhadap kinerja hubungan antar bagian di pabrik gula Jatiroto. Model penelitian yang dikembangkan terdiri dari 3 variabel dengan 3 hipotesis yang akan diuji. Pengujian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis SEM (Structural Equation Modeling) Analisis Jalur,melalui program AMOS 19.0 dengan jumlah 210 responden yang adalah karyawan yang berhubungan dengan proses produksi Pabrik Gula Jatiroto. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mencipta pengetahuan tentang pelanggan internal mempengaruhi secara signifikan kinerja hubungan antar bagian. Disamping itu, kemampuan mencipta pengetahuan tentang pelanggan internal mempengaruhi secara signifikan kinerja hubungan antar bagian melalui kompetensi individu karyawan. Implikasi manajerial yang dapat disarankan oleh penelitian ini adalah penciptaan kondisi iklim kerja yang koordinatif, yang memungkinkan adanya pertukaran informasi sebagai pengetahuan dan peluang mengkombinasikan pengetahuan tersebut sebagai fokus kebijakan manajemen. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian sebagai agenda untuk penelitian mendatang yang bisa dilakukan.
Keywords: Internal Marketing, Internal Customer Knowledge Creation Capability, Employee Individual Competence, Relationships Performance between Departemen
Sources: http://repository.unair.ac.id/39003/