Title: URUTAN INFORMASI, FRAMING EFFECT DAN KEPUTUSAN NASABAH: STUDI EKSPERIMEN
Authors: HIMMATUL ULYAH
Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari urutan informasi dan framing effect terhadap keputusan nasabah dalam berinvestasi deposito. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian 2 x 2 faktorial antar subjek. Partisipan yang diberikan manipulasi urutan informasi good news ke bad news cenderung akan merevisi keyakinannya untuk keputusan yang akan diambilnya dibandingkan dengan partisipan yang diberikan manipulasi berupa urutan informasi dari bad news ke good news. Begitu pula untuk framing effect, partisipan cenderung merevisi keyakinan untuk keputusan yang akan diambilnya pada kondisi terdapat framing effect positif daripada terdapat framing effect negatif. Untuk interaksi antara urutan informasi dan framing effect terbukti memberikan hasil keputusan yang berbeda pada nasabah yang menerima informasi good news ke bad news dengan framing positif dan nasabah yang menerima informasi dari bad news ke good news dengan framing negatif.
Keywords: keputusan nasabah, urutan informasi, framing effect
Sources: http://repository.unair.ac.id/87341/