Title: MAKNA LABA PADA MASYARAKAT JAWA YANG BERINTERAKSI PADA PASAR BERGERAK

Authors: HENI OKTAVIANTI

Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

Abstract

Dalam suatu bisnis, maksimalisasi laba merupakan prinsip yang perlu digunakan agar keberlangsungan suatu usaha dapat terus berjalan. Adanya keterbatasan mekanisme operasional baik dari segi waktu maupun lokasi dalam pasar bergeraksesuai hari pasaran yang berlangsung, secara tidak langsung turut mempengaruhi potensi laba yang dapat diperoleh para pedagang pasar. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap makna laba dari sudut pandang pedagang pasar bergerak sesuai dengan kebiasaan, tradisi dan kultur yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi realis yang mencoba untuk menggali lebih dalam makna laba pada pasar bergerak. Teknik pengumpulan data menggunakan cara Creswell dan teknik wawancara etnografi mengikuti langkah Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna laba merujuk kepada dua bentuk, yakni (1) laba materi berupa hasil usaha tunai yang sifatnya dapat langsung dinikmati untuk memenuhi berbagai tujuan hidup; (2) laba non materi berupa keuntungan dalam bentuk tali persaudaraan. Dengan segala keterbatasan dan karakteristik yang melekat pada pasar bergerak, tidak mengubah fakta bahwa semakin banyak lokasi pasar bergerak yang disinggahi para pedagang, semakin banyak interaksi sosial yang dilakukan, semakin maksimal pula laba yang didapatkan baik dalam bentuk materi maupun non materi.

Keywords: pasar bergerak, makna laba, etnografi realis

Sources: http://repository.unair.ac.id/92609/