Title: PERSEPSI PASAR: INTERAKSI ANTARA STRATEGI PERUSAHAAN DENGAN KONEKSI POLITIK

Authors: FITRIA ASAS

Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

Abstract

Manajemen memerlukan strategi sebagai alat untuk memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Koneksi politik dibangun oleh perusahaan agar menjadi nilai tambah dan kesempatan bagi perusahaan menjalin komunikasi dengan pihak pemerintahan terkait legalitas dan informasi publik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah strategi kepemimpinan biaya maupun diferensiasi mempunyai pengaruh positif terhadap persepsi pasar, serta apakah interaksi koneksi politik memperkuat pengaruh positif strategi kepemimpinan biaya maupun diferensiasi terhadap persepsi pasar. Penelitian ini meggunakan analisis deskriptif dan multivariat untuk menguji 852 sampel pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2017. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi kepemimpinan biaya berpengaruh positif namun diferensiasi berpengaruh negatif terhadap persepsi pasar. Hal ini dikarenakan strategi diferensiasi dipandang lebih tidak menguntungkan dengan mengeluarkan beberapa biaya untuk melakukan inovasi dari produk yang dihasilkan seperti biaya penelitian dan pengembangan dan sehingga memunculkan jumlah biaya yang besar. Hasil penelitian ini juga menunjukan koneksi politik memperkuat kedua strategi terhadap persepsi pasar, hal ini dikarenakan koneksi dapat membantu perusahaan dalam jaringannya mendapatkan keuntungan terkait legalitas dan peraturan.

Keywords: Differentiation, Cost Leadership, Political Connection

Sources: http://repository.unair.ac.id/80361/