Title: RANCANGAN STRATEGI OPERASI PENGELOLAAN LAPANGAN GAS J-T OLEH PT X

Author: Awang Lazuardi

Affiliations: Program Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan adalah tersedianya strategi operasi perusahaanyang tepat guna memenangkan persaingan bisnis melawan para kompetitornya. Strategi operasi ini harus sesuai dengan strategi korporasi dan strategi bisnis perusahaan. Selain itu strategi operasi harus disusun berdasarkan pada kondisi eksternal dan internal. Dengan demikian maka strategi operasi bisa menjadi acuan bagi perusahaan untuk menjalankan aktivitas bisnisnya dalam rangka memenangkan persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancangan strategi operasi pengelolaan lapangan gas J-T oleh PT X yang sesuai dengan strategi korporasi PT P dan strategi PT bisnis PT X serta mendasarkannya pada analisis eksternal dan internal perusahaan. Rancangan strategi operasi ini disusun dengan tujuan untuk menentukan strategi yang tepat terkait adanya peluang dan ancaman dalam persaingan bisnis serta bagaimana memanfaatkan keunggulan yang dimiliki dan bagaimana upaya untuk melakukan perbaikan terhadap kelemahan yang dimiliki. Berdasarkan rancangan strategi operasi yang telah disusun dapat diambil kesimpulan bahwa rancangan strategi operasi tersebut sudah sesuai dengan strategi korporat PT P dan strategi bisnis perusahaan PT X, dan juga telah mempertimbangkan aspek-aspek dari analisis faktor eksternal dan internal yang ada. Selanjutnya sesuai dengan diskusi yang dilakukan dengan manajemen PT X, rancangan strategi operasi ini akan dijadikan acuan atau referensi untuk penyusunan strategi operasi lapangan gas J-T secara official.

Keywords: Strategy, Operations Strategy, Vision and Mission, Corporate Strategy Business Strategy, Internal and External Factor Analysis, Operations Mission, Distinctive Competence of Operations Operations Objectives, Strategic Decisions

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37223