Title: Determinan Sosial Demografi Dan Ekonomi Terhadap Pengguna Internet, E-Commerce, Dan E-Banking Di Indonesia
Author: Muhammad Abrar
Affiliations: Program Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Perkembangan teknologi telah menjadi tantangan di negara berkembang. Namun, relatif sedikit penelitian tentang determinan pengguna internet yang dihubungkan dengan e-commerce dan e-banking di Indonesia. Di tengah banyaknya usaha konvensional yang tutup serta isu daya beli masyarakat yang turun, usaha e-commerce dibantu dengan teknologi internet dan e-banking mampu bertahan di pasaran. Oleh karena itu, perlu penelitian mengenai determinan sosial demografi dan ekonomi terhadap pengguna internet, e-commerce, dan e-banking dari sisi rumah tangga sebagai salah satu pelaku perekonomian. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi logistik dengan menggunakan data dari Susenas Maret tahun 2017 dengan jumlah sampel 926.218 individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu yang memiliki karakteristik berusia muda, lulusan perguruan tinggi, tinggal di daerah perkotaan, memiliki ponsel, menggunakan komputer, bekerja, pengeluaran perkapita di atas garis kemiskinan, serta memiliki pendapatan perkapita yang tinggi memiliki peluang lebih besar untuk menjadi pengguna internet, e-commerce, dan e-banking. Kebijakan pemerintah diperlukan untuk menyediakan sarana prasarana, infrastruktur yang memadai dan merata serta meningkatkan pendidikan teknologi informasi yang diperlukan oleh masyarakat.
Keywords: internet, e-commerce, e-banking, regresi logistik, Indonesia