Title: Strategi Bisnis Pedagang Muslim Pada Restoran Madinah

Author: Hendra Eka Saputra

Affiliations: Program Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana strategi bisnis yang dilakukan oleh restoran (depot) Madinah sehingga masih bertahan dari generasi ke generasi dengan indikator strategi bisnis Rasullah dan strategi umum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode dan analisis studi kasus. Sumber data primer penelitian ini, dengan sumber utama adalah pemilik dari depot Madinah kemudian peneliti menggunakan triangulasi sumber lain yaitu dari pemasok, karyawan, pelanggan dan terakhir masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data terlebih dahulu di telaah, mereduksi data, memeriksa keabsahan data dan terakhir menganalisa data. Pemilik restoran Madinah cenderung menggunakan strategi bisnis yang dilakukan Rasulallah SAW. Bisnis yang dijalani bisa bertahan karena pihak pendiri melibatkan generasi ke dua dan generasi ke dua melibatkan generasi ketiga dalam berbisnis . Terjadi proses transfer ilmu yang tidak disengaja atau terencana yang membuat depot Madinah bertahan dan masih beroperasi hingga saat ini. Dalam penelitian ini, ditemukan juga bahwa generasi pertama dan kedua memiliki bisnis lain di luar bisnis depot Madinah. Terakhir temuan yang ada dalam penelitian ini adalah terciptanya loyalitas dari pelanggan, ini terjadi saat generasi pertama memiliki keloyalan kepada Allah SWT dan sesama manusia. Hal tersebut menjadi hal kebaikan yang bisa dirasakan oleh generasi selanjutnya.

Keywords: Strategi Bisnis Rasullah SAW, Strategi Bisnis Umum, Restoran Madinah

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/95137