Title: PENCAPAIAN KEUNGGULAN KOMPETITIF FESTIVAL BUDAYA JEPANG ENNICHISAI MELALUI KONSEP VALUE CHAIN ANALYSIS
Authors: ANDHIKA PRAMUDYA GUNAWAN
Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh model rantai nilai aktivitas pemasaran, produksi dan pendukung pada Festival Budaya Jepang serta mencari jawaban atas kemampaun festival Ennichisai untuk mempertahankan keberlangsungan festival lebih dari tujuh tahun dengan tanpa membebankan biaya kepada pengunjungnya. Pembahasan pada penelitian ini menggunakan teori kontijensi dan konsep analisis rantai nilai sebagai dasar pembahasan. Penelitian ini diteliti dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan pengamatan lapangan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan etnografis. Peneliti juga menggunakan kuisioner sebagai sumber data pelengkap yang dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah festival kebudayaan Ennchisai mencapai keunggulan kompetitif dengan keunikan budaya Jepang yang mampu menjadikan biaya produksi pada proses produksi menjadi lebih efisien, sehingga Ennichisai mampu bersaing pada ruang lingkup Industri festival di Indonesia.
Keywords: Comptititve Advantage, Japanase Culture Festival, Value Chain Analysis
Sources: http://repository.unair.ac.id/80373/