Title: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan
Authors: Auliya Zulfatillah
Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah membuktikan secara empiris pengaruh penggunaan media sosial terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan diukur berdasarkan market-based performance dengan proksi market value of equity dan accounting-based performance dengan proksi return on equity. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data diolah dengan multiple linear regression model untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap kinerja keuangan perusahaan. Terdapat tiga cara untuk mengukur penggunaan media sosial, pertama dengan melihat ada atau tidaknya media sosial yang digunakan perusahaan, kedua dengan melihat media sosial berdasarkan jenis platform yang digunakan, ketiga mengukur penggunaan media sosial dengan proksi brand awareness, brand engagement, dan world of mouth. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, perbedaan platfrom media sosial yang digunakan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, dan proksi world of mouth dalam penggunaan media sosial berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan di jangka pendek.
Keywords: media sosial, kinerja perusahaan
Sources: http://repository.unair.ac.id/94549/