Title : PERAN MEDIASI MOTIVASI BERPRESTASI PADA PENGARUH ENTREPRENEUR’S SELF EFFICACY DAN NORMA SUBYEKTIF PENGUSAHA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN UKM
Author : Ni Made Suci
               Universitas Airlangga
Item Type : Thesis (Disertasi)

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi motivasi berprestasi pada pengaruh entrepreneur’ self efficacy dan norma subyektif pengusaha terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM. Sampel penelitian ini sebanyak 180 pengusaha yang ditetapkan secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner kemudian dianalisis dengan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Entrepreneur’s self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM 2) Norma subyektif tidak berpengaruh terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM 3) Motivasi berprestasi pengusaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM, 4) Entrepreneur’s self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi pengusaha 5) Norma subyektif pengusaha tidak berpengaruh terhadap motivasi berprestasi pengusaha, 6) Motivasi berprestasi berperan memediasi parsial pengaruh entrepreneur’s self efficacy terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM 7) Motivasi berprestasi pengusaha berperan memediasi parsial pengaruh norma subyektif pengusaha terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM. Penelitian lanjut diharapkan mengembangkan model keputusan pembiayaan eksternal UKM dengan lebih menekankan pada aspek motivasi berprestasi pengusaha karena terbukti meningkatkan pengaruh entrepreneur’s self efficacy dan norma subyektif terhadap keputusan pembiayaan eksternal untUk meningkatkan pertumbuhan usahanya.

Keywords : entrepreneur’s self efficacy, norma subyektif, motivasi berprestasi dan keputusan pembiayaan eksternal UKM

 

Source : http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74411