Title : Dampak Mediasi Market-Driven Costing Terhadap Hubungan Intensitas Persaingan dan Karakteristik Pelanggan dengan Kinerja Keuangan
Author(s) : Bambang Tjahjadi*, Noorlailie Soewarno (*Penulis korespondensi)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
Jl. Airlangga 4-6, Surabaya 60286
DOI : https://doi.org/10.9744/jak.16.2.102-112
ABSTRAK
Kinerja keuangan organisasi merupakan hal yang krusial bagi pemegang saham karena sebagian besar organisasi diharapkan menghasilkan laba agar dapat mendanai kebutuhan untuk pertumbuhan organisasi tersebut. Penelitian ini memfokuskan pada organisasi rumah sakit mengingat tren persaingan yang semakin tinggi antar rumah sakit di Surabaya. Sejumlah investor lokal dan asing telah berinvestasi secara agresif di sektor rumah sakit. Dalam era informasi, karakteristik kebutuhan pelanggan akan kesehatan juga menjadi dinamis. Pelanggan rumah sakit makin canggih, berpengetahuan kesehatan yang baik dan makin banyak tuntutan. Penelitian ini akan mengkaji secara empiris dampak market-driven costing terhadap hubungan–hubungan intensitas persaingan-karakteristik pelanggan-kinerja keuangan. Sebanyak tiga puluh sembilan manajer berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) market-driven costing memediasi secara sempurna hubungan intensitas persaingan dan kinerja keuangan dan (2) market-driven costing memediasi secara sempurna hubungan karakteristik pelanggan dan kinerja keuangan.
Kata kunci: Market-driven costing, karakteristik pelanggan, intensitas persaingan, kienrja keuangan.
Sumber : https://jurnalakuntansi.petra.ac.id/index.php/aku/article/view/19303